Sebarkan berita baik ini

Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar! 

Suara takbir bergema di udara, rasa sedih berpisah dengan kenikmatan ramadhan beradu suasana dengan rasa gembira menyambut Idul Fitri yang mensucikan hati. 

Di hari yang fitri dan penuh kemenangan ini perkenankanlah saya menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438H, mohon maaf lahir bathin,  semoga amal ibadah kita di terima olehNya.

Saya akan bercerita tentang pengalaman dari perjalanan salah satu perusahaan saya akhir-akhir ini. Ketika pertengahan 2016 lalu tim kami memutuskan untuk memperbesar skala bisnis dengan strategi membangun manufaktur produk hilir (end product), serta memperbesar size manufaktur hulu (biji plastik), maka serangkaian aktivitas yang cukup massive harus kami lakukan.

Pencarian lokasi pabrik bahkan harus beberapa kali keluar kota, negosiasi dan melakukan pembelian gedung serta proses renovasi, pembelian mesin-mesin bahkan beberapa harus besar dan canggih, relokasi pabrik, melobi dan membentuk partnership baru baik dari dalam maupun luar negeri, merekrut cukup banyak anggota tim baru, membereskan segala hal terkait legalitas, memperoleh sumber-sumber pendanaan, pendekatan ke customer-customer baru, bernegosiasi dengan para pemasok, mengeset ulang sistem perusahaan, melakukan restrukturisasi organisasi, dan beragam pekerjaan lain yang cukup menguras energi, waktu, pikiran dan tentu juga dana. 

Bayangkan saja, tepat sehari sebelum mudik lebaran saya masih melakukan pertemuan dengan perwakilan dari sebuah perusahaan grup konglomerat dari negeri sakura untuk membahas rencana kerjasama strategis, setelah beberapa hari sebelumnya juga bertemu dengan tim perusahaan lainnya. 

Kini saat liburan di kampung dalam nuansa menuju lebaran saya masih komunikasi dengan berbagai pihak melalui surel dan WA. Sebagian tim pabrik sengaja tidak libur lebaran demi membereskan renovasi bangunan dan mengintalasi mesin-mesin, supaya ketika usai libur, pabrik bisa langsung berproduksi dengan kapasitas lebih besar.
Semua kisah diatas adalah gambaran keseruan kami demi satu tujuan, yakni memperbesar skala atau melakukan #ScaleUp pada size bisnis perusahaan kami.

Dalam setiap level dari beberapa perusahaan yang saya kelola, menaikkan skala bisnis selalu punya keseruan tersendiri. Baik dari perasaan dag dig dug ketika akan melakukan pengambilan keputusan pemilihan strategi, persiapan hingga proses eksekusi yang seringkali penuh sensasi.

Dalam dunia bisnis, faktanya meskipun memiliki kelincahan yang hebat, sebagian besar perusahaan pemula (start up) tidak berhasil memperbesar skalanya. Sesuai kata Prof Rhenald Kasali, bahwa pada kenyataannya membuat usaha itu memang mudah, yang susah adalah bagaimana membuat usaha itu menjadi tumbuh besar.

Itulah kenapa ketika saya mendapat amanah mengelola Komunitas Wirausaha Terbesar di Indonesia, menjadi Presiden TDA 4.0, semangat sejenis Saya coba tularkan. Kepengurusan TDA kala itu berfokus untuk mengajak bertumbuh dan bermetamorfosis, yakni dengan program dan  slogan “Mari Jadikan TDA sebagai Rumah Bersama untuk Tumbuh” yang dipertajam dalam tema Pesta Wirausaha “Lets Grow Together” (2016) dan UKMorfosis (2017).

 

Kepengurusan TDA 5.0 ini di bawah Presiden Barra, melanjutkan langkah dengan nafas dan semangat yang sama yakni memilih tema utama #ScaleUpSpirit dengan 3 strategi implementasi, yakni : GetUp, SpeedUp, ScaleUp
Penekanan utama dari setiap level member tentu berbeda-beda dan harus disesuaikan. Dan pada usia TDA kini, maka program organisasi yang bertumpu pada kombinasi edukasi dan aksi nyata penyediaan berbagai sumberdaya untuk membantu persiapan, mempercepat dan mewujudkan #ScaleUp bisnis member seyogyanya bisa dilakukan.

Saya mengingatkan diri saya dan teman-teman, bahwa #ScaleUpSpirit semestinya berpola:

Berawal dari semangat atau dari pola pikir, kemudian 

Diikuti desain yang benar serta 

Eksekusi yang mumpuni. 

Dengan kombinasi ketiga hal diatas, maka tidak mustahil bisnis kita akan menjadi berjaya karena mampu mengkombinasikan dua kekuatan utama untuk menjadi sebuah bisnis besar, yakni SKALA dan KELINCAHAN (SCALE & AGILITY). Seperti kata David Butler Vice President of Coca Cola’s Innovation and Entrepreneurship dalam bukunya Design to Grow “Every company needs both scale and agility to win”.

Salam #ScaleUpSpirit

Mustofa Romdloni

Ketua MWA TDA


Sebarkan berita baik ini