In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Grab Your Business with Balance Scorecard

Teguh Wibawanto

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA

Bagaimana mengendalikan bisnis anda yang sedang tumbuh dengan satu lembar kertas kerja? Seperti dikutip dalam buku Balance Score Card karangan Robert Kaplan dan David Norton. Bayangkan anda memasuki kokpit. Sebuah pesawat jet terbang modern dan melihat hanya ada satu instrumen di sana. Bagaimana perasaan Anda saat menaiki pesawat terbang tersebut.

Sebuah bisnis Balance score card sebagai sebuah sistem manajemen yang terintegrasi yaitu dari Aspek Keuangan, AspekĀ  Pelanggan, Aspek Internal Proses dan Aspek Pembelajaran.

Aspek Keuangan
Pengukuran finansial meliputi omset, gross margin, profit persediaan, profit per karyawan, biaya produksi dan biaya variabel.

Aspek Pelanggan
Meliputi number of lead (jumlah prospek), tingkat konversi, jumlah customer, jumlah unit terjual, jumlah transaksi dan nilai transaksi rata-rata.

Aspek Internal Proses
Meliputi jumlah iventori di gudang, ketepatan waktu dan barang pada saat delivery, jumlah retur, dan jumlah komplain masa garansi.

Aspek Pembelajaran
Meliputi indeks kepuasan karyawan bekerja, jumlah training dan evaluasinya, jumlah recruitment sesuai kebutuhan, turn over karyawan dan prilaku pada saat bekerja.

Aspek Growth
Bisa diukur jumlah cabang dan perkembangan yang signifikan dari perusahaan.

Dengan mengevaluasi setiap aspek tersebut paling tidak seminggu sekali, maka setiap bottle neck akan mudah diidentifikasi dengan mudah dan akan dapat mengontrol perkembangan yang pesat tanpa kehilangan kendali.

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA