In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Hukum Peluang

Zainal Abidin

Jay Teroris
Direktur Pengawasan dan Kepatuhan TDA

Guru bisnis saya bilang, peluang bisnis itu jumlahnya banyak sekali. Jadi, bohong besar jika ada orang mau mulai usaha, kemudian mengurungkan niatnya karena tidak ada peluang.

Mau tahu seberapa banyak peluang bisnis yang ada? Lihatlah tubuh anda di depan cermin. Begitu banyak peluang bisnis di sana. Pegang rambut anda. Berapa banyak orang yang kaya-raya dari bisnis jepit rambut? Berapa orang yang makmur hidupnya dari bisnis potong rambut? Dan masih ada sederet lagi peluang bisnis lain yang berpangkal dari rambut, misalnya minyak rambut, cat rambut, pita, shampo, klinik penanggulangan kebotakan dan lain-lain.

Itu baru dari rambut. Coba anda eksplorasi peluang bisnis dari anggota tubuh lain seperti telinga, wajah, perut atau kaki. Sangat banyak bukan?

Mengapa ada orang yang mengatakan sulit dapat peluang bisnis? Karena hampir semuanya membuat tembok ketika mau memasuki suatu peluang bisnis. Setiap kali mereka mau menekuni suatu bisnis, mereka menentukan syarat-syarat tertentu untuk bisa sukses di bidang itu.

Apa syarat-syarat itu? Biasanya, hampir semua orang yang mau mulai usaha, mempersyaratkan sejumlah modal untuk mulai usaha. Syarat lainnya adalah yang terkait dengan keberadaan jejaring, baik produsen maupun distributor untuk pasokan produk tertentu.

Dan masih banyak syarat-syarat yang bisa disebutkan, antara lain soal pengalaman atau pengetahuan, keberadaan tempat untuk berusaha maupun dukungan dari keluarga.

Pertanyaannya, apakah semua syarat-syarat itu harus dipenuhi dahulu untuk bisa mulai usaha? Jawaban saya tegas. Tidak. Karena jika kita harus memenuhi semua syarat di atas baru mulai usaha, tentu butuh waktu yang cukup lama.

Jadi, untuk mulai usaha, berlaku Hukum Peluang. Bunyinya : Peluang memulai usaha akan semakin besar jika syarat-syaratnya sedikit. Sebaliknya, semakin banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi, maka peluang kita memulai usaha akan semakin kecil.

Buat anda yang mau segera memulai usaha, jangan kebanyakan syarat. Mulai saja dari yang anda mampu. Tidak perlu menunggu modal terkumpul cukup banyak. Tidak perlu menunggu seluruh jejaring siap membantu. Tidak perlu juga menunggu seluruh anggota keluarga mendukung.

Tidak perlu juga menunggu anda menguasai keterampilan atau pengetahuan di bisnis itu. Kelamaan. Mulai saja sejak saat ini. Percaya lah, cepat atau lambat, semua syarat itu akan terpenuhi bersama dengan berjalannya waktu.

 

 

Zainal Abidin
Direktur Pengawasan dan Kepatuhan TDA
HeadMaster sekolahmonyet.com