In Uncategorized

INSIGHT FROM EXPERT: Digitizing Small Medium Enterprise

Pada acara kali ini TDA kedatangan narasumber yang memiliki pengalaman berlimpah dalam pidang teknologi, beliau adalah Rama Yumama yang merupakan CEO dari Dailysocial.id. Pada kesempatan kali ini membahas mengenai bagaimana cara mengoptimalkan bisnis UKM dengan menggunakan teknologi. Pada beberapa kesempatan yang lalu tim dari dailysocial.id bekerja sama dengan Bank Mandiri Capital untuk mengembangkan bisnis UKM melalui teknologi terkini. 

Bisnis UKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia banyak rakyat Indonesia yang berpenghasilan maupun bekerja di UKM oleh karena itu penting untuk di maximalkan potensi yang ada di dalamnya. Sebelum memulai bagaimana cara untuk mengembangkan bisnis, kita perlu ketahui mengenai apa saja kendala dalam melakukan bisnis UKM. Kendala pertama yang pasti adalah modal utama rata-rata para pelaku bisnis melakukan peminjaman uang dari bank dengan menggunakan aset mereka sebagai jaminan, namun pada jaman sekarang ada berbagai cara yang bisa di lakukan guna memperoleh modal. Seperti, contohnya start up di bidang permodalan mereka tidak hanya melihat aset dalam memberikan pinjaman, namun mereka melihat potensi dari bisnis ini. Hal tersebut bisa terlihat dari model bisnisnya, jumlah pelanggan dan kemungkinan repeat buyingnya, dan bisa di lihat dari review pelanggan yang di posting melalui polatform digital. Berikutnya adalah operasional. Banyak pelaku UKM lelah dan bingung ketika mendapati problematika mengenai operasional. Di mulai dengan masalah pengiriman, masalah dengan bawahan, masalah legal sampai pada masalah pembukuan keuangan. Namun sekarang berkat bantuan dari teknologi sudah ada banyak cara untuk mengefisensikan operasional, sudah banyak teknologi yang dalam mengatur pembukuan dan audit keuangan dengan sistematis dan otomatis selain itu sudah ada teknologi untuk HR yang dapat memantau performa karyawan. Terlebih lagi sekarang sudah ada teknologi yang bernama chatbot guna untuk mempermudah relasi dengan pelanggan. Chatbot dapat menjawab pertanyaan pelanggan, menganggapi keluhan pelanggan. Dengan mengefisiensikan sektor operasional, pembisnis dapat terfokus terhadap pengembangan inovasi bisnis. Problematika yang terakhir adalah perluasan dengan bantuan dari teknologi. Pembisnis tidak perlu lagi untuk bersusah payah  mendirikan toko fisik di berbagai penjuru negara maupun luar negeri,  mereka cukup dengan menaruh produk mereka di platform digital yang telah mempunyai pasar dan pengguna yang sangat luas.

Kemudian bagaimana cara untuk mengotimalkanya? Ada berbagai cara untuk pengoptimalisasian bisnis UKM. Seperti, 43% dari pelaku bisnis UKM menyatakan bahwa dengan memperbaiki hubungan dengan pelanggan dapat meningkatkan bisnis, salah satu cara yang dapat di lakukan adalah dengan menggunakan chatbot. Chatbot berguna untuk mendata data dan sebagai sarana komunikasi atara penjual dan pembeli, dengan memanfaatkan teknologi ini penjual tidak perlu lagi bingung dan ribet membalas para pembeli .Hal berikutnya adalah dengan mengimplementasikan AI atau artificial intelligent dengan menggunakan teknologi ini pembisnis dapat mengetahui mengenai problematika di dapat usahanya dan menjabarkan potensi dari usahanya dengan maksimal. Dengan AI, dimana dulunya ada kesalahan human error dalam berbagai sektor bisa jadi pengiriman, penghitungan, operasional hal-hal tersebut bisa di minimalisir, karena AI berjalan berdasarkan data. Hal berikutnya adalah cashless payment dengan menggunakan metode ini pelaku bisnis dapat memindahkan atau mengatur keuangan dengan lebih aman dan mendetail, meminimkan potensi terjadi kehilangan uang dan keuangan yang bocor. Hal terakhir yang perlu di perhatikan adalah cloud system, dengan menggunakan teknologi ini pembisnis tidak perlu lagi untuk menyimpan data data mereka di perangkat keras jadi untuk pemindahan dan transfer data cukup di lakukan dengan menggunakan internet saja.

Dengan semua kemudahan yang ditawarkan teknologi, sekarang yang menjadi pertanyaan kita adalah kapan waktu yang tepat untuk menggunakan teknologi dalam bisnis UKM? Apakah sejak di buka? Atau nanti di saat bisnis telah berkembang? Jawaban yang benar adalah implementasi teknologi dalam berbisnis harus di lakukan sejak dini karena kenapa dengan mengimplementasi teknologi pembisnis dapat memotong banyak modal yang harus di keluarkan. Sebagai contoh, tidak perlu lagi untuk membuka toko offline cukup dengan mendaftar di salah satu perusahaan e-ommerce sudah jadi toko. Hal yang lain tidak di perlukan lagi, pegawai yang banyak untuk melakan bisnis, sudah tidak perlu akuntan yang banyak untuk mengaudit keuangan, cukup satu orang saja yang memantau sistem akuntannya. Tidak di perlukan lagi tim HRD dalam menjalankan fungsi personalia sudah ada sistem HR online yang dapat melakukanya.

Namun perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti ini menimbulkan perdebatan, apakah teknologi ini baik atau tidak sih? Ada ketakutan bahwa manusia akan di gantikan oleh AI. Tetapi yang perlu di pahami bahwa seharusnya manusia dapat menggunakan teknologi untuk mempermudah hidupnya dan pekerjaan yang bisa di lakukan oleh teknologi merupakan pekerjaan yang seharusnya tidak di lakukan oleh manusia. Sehingga kedepannya manusia dapat terfokus terhadap pengembangan ide yang inovasi.