In Uncategorized

Insight from Expert: Menciptakan Konten yang Berdampak

Bagaimana sih cara membuat konten yang kreatif di era saat ini? Hipwee.com adalah media berbalut bisnis yang menjadi pioneer dalam menyajikan konten marketing yang menarik berbasis anak muda. Ada 20 jt orang yang menggunakan hipwee dan mereka menawarkan dan mematok kepada orang-orang yang ingin bisnisnya untuk di lirik dengan segmen pasar anak muda. 

Kemudian apa saja yang bisa di kategorikan sebagai konten kreatif? Konten kreatif adalah konten yang dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat luas. Kita hidup di era dimana konten lebih banyak di butuhkan. Oleh karena itu, harus ada revolusi untuk membuat konten yang menarik untuk orang membacanya. Ada 3 aspek yang penting untuk di perhatikan yang pertama, adalah kreativitas, yang kedua distribusi, dan yang terakhir adalah pengaruh untuk orang-orang. Bagaimana kita menjaga nyawa kreativitas, menjadi kreatif kita memerlukan konsistensi dan untuk mencapainya terkadang kita perlu melakukan hal-hal yang membosankan. Konsistensi yang perlu ktia perhatikan adalah selalu memperhatikan apa tren yang sedang hype pada saat ini dan harus selalu aware dengan apa yang sedang happening pada saat ini. Sebagai konten creator, kita harus menyesuaikan pada jam berapa traffic media sedang tinggi sehingga pada jam itu adalah jam dimana kita produktif dalam bekerja.

Proses pembuatan konten kreatif ada tiga tahapan. Ada konten strategis yang berperan sebagai jendral atau komando bagaimana konten akan berjalan yang di dalamnya terdapat moodboard, brief, KPI dan review. Kedua adalah konten creator dalam hal ini mencakup artikel yang mau di tulis, video, caption, dan foto atau desing. Ketiga adalah admin  sebagai penjaga gawang distribusi konten yang bertugas sebagai bagian distribusi dan engagement rate. Walaupun bisnis kita baru untuk di lakukan, tiga tahapan ini harus di lakukan agar alur bisnis kita berjalan dengan lancar. Pada tahapan konten strategis ada tahapan yang di namakan sebagai brief dimana menentukan siapa saja penikmat dari konten ini? Bentuk konten yang akan di buat seperti apa? Jenis platform seperti apa yang cocok untuk memosting konten? dan yang terakhir adalah memilih warna dan tone suara pada konten. 

Bagaimana konten kreatif bisa efektif bekerja? Yang perlu di perhatikan adalah dalam membuat konten kreatif hal pertama yang harus di perhatikan bukan pada masalah konten kita namun pada mengenai problematika yang di alami oleh user. Baru setelah itu kita membuat konten yang sesuai dengan problem yang di alami oleh user. Dengan begitu user akan terbentuk dan begerak melakukan hal yang kita sarankan untuk di lakukan.

Membuat konten yang baik itu mudah. Namun, bagaimana konten kita dapat di distribusikan dengan tepat pada sasaran produk kita. Pertama kita harus menentukan tujuan pada konten kita, kedua adalah mengenali audiens kita, dan ketiga fokus pada ceruk pasar yang dimiliki dengan cara melihat kompetitor kita dan menawarkan hal yang lain dan lebih baik dari kompetitior kita dan yang terakhir adalah melalukan target yang rasional yang dapat di jangkau pada awal pembuatan. 

Full funnel atau pejalan bagaimana konten marketing dapat bekerja adalah dengan tahapan awareness orang-orang pada tahap ini mengerti terhadap produk yang kita tawarkan, konsiderasi mengenai produk kita terlihat dari post yang di save dan video yang kita Save. Selanjutnya adalah traffick internet orang yang melihat konten kita dan yang terakhir adalah conversion yaitu orang melakukan pembelian terhadap produk kita.

Ada beberapa konten yang tidak di sukai oleh segmen anak muda. Pertama adalah konten yang tidak organik yang tidak lahir dari keresahan mereka. Kedua adalah merupakan feed mereka di sosial media. Ketiga adalah konten-konten yang berisi konflik debat kusir dan polisi moral dan yang berikutnya adalah user journey untuk mendapatkan konten atau berpartisipasi yang rumit. Terakhir adalah menggunakan influence yang tidak relevan dengan idealisme anak muda.

Di hipwee yang kita dapat mendorong partisipasi anak muda dengan cara manfaatkan fitur Instagram live, polling dan QnA, pop quiz article, ajak influencer untuk bekerja sama yang relevan dengan konteks, storytelling yang memancing interaksi dan kisah yang inspiratif dan menyentuh dan yang terakhir adalah user journey yang simple dan effortless.