In Arsip Kabar TDA,Kolom Opini

Kelompok Mentoring Bisnis TDA

business-mentoringDi TDA ada program yang sangat bagus yang bernama KMB (Kelompok Mentoring Bisnis). Kegiatan ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh beberapa pebisnis member TDA yang mempunyai tujuan sama yaitu ingin membesarkan bisnisnya dengan dibantu oleh seorang mentor member TDA juga.

Yang menjadi mentor adalah pebisnis yang sudah terlebih dulu memakan asam garam dunia bisnis dan cara mentor tsb menyiasatinya itulah yang diajarkan kepada para menteenya (sebutan bagi member KMB).

Di TDA Bekasi saya sudah 2x menjadi mentor dan saat ini KMB yang saya mentori masih berjalan. Menjadi mentor bagi saya sangat menyenangkan walaupun tidak dibayar dan sering juga ngabisin waktu. Menjadi mentor bukan karena saya lebih jago atau lebih pinter karena sangat banyak sekali mentor yang lebih jooooss dari saya.

Menjadi mentor semata-mata adalah sarana saya untuk belajar gratis kepada para mentee dari kasus yang dibahas di setiap pertemuan. Selain itu menjadi mentor juga proses “orgasme” saya dalam belajar sebab kalau tidak disalurkan dengan mengajar maka bisa ngentel jadi batu akik hehehe.

Tetapi kalau dipikir lebih lanjut, kata orang-orang kalau kita membantu kesuksesan orang lain maka kita juga akan ikut sukses, Tuhan tidak akan membiarkan mereka yang sudah bersusah payah membantu orang lain…..hmmmm.

Menjadi mentor bisa juga untuk memperlancar doa kita karena lagi-lagi kata orang bahwa doa orang yang menuntut ilmu itu akan mudah diijabah oleh Allah, amin.

Belajar berkomitmen dalam waktu juga menjadi alasan terbesar saya kenapa saya harus menjadi mentor apalagi saat ini saya diberi amanah untuk menyelenggarakan event Pesta Wirausaha 2016 sambil mengawal Pesta Wirausaha wilayah 2015 yang sudah pasti menguras semua tenaga, emosi, dana dan sebagainya

Menjadi mentor ternyata bukan sekedar membimbing bisnis menteenya tetapi ternyata manfaatnya lebih besar balik ke kita, ke mentornya.

Kita yang membutuhkan bantuan bukan mentee yang membutuhkan kita. Tuhan Maha Tahu apa yang diperbuat umatNYA

Salam sukses dunia akherat.

Rawi Wahyudiono
Direktur Pesta Wirausaha TDA
http://rawiwahyudiono.com/