In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Ketahui Karakter Anda (bagian 1)

adit 3

Aditya Hayu Wicaksono
Direktur Keuangan TDA

Sebelum memulai usaha, terkadang kita bingung, bisnis apa yang cocok dan bagus serta menguntungkan. Banyak sekali pertanyaan yang selalu diajukan kepada saya tentang itu, dan jawaban saya pasti sama, sesuaikan dengan karakter anda sendiri. Karena pada dasarnya semua bisnis jika dijalankan dengan benar akan sangat menghasilkan, bahkan sampah pun bisa menghasilkan uang. Kalau katanya Muadzin ikuti passion anda itu juga benar, tapi sebelum mengetahui passion anda, ketahui dulu karakter apa yang anda miliki, karena biasanya karakter kita sudah terbentuk dari dalam diri kita sendiri semenjak lahir.

Di dalam buku Your Life Your Legacy karangan Roger Hamilton diterangkan ada beberapa karakter orang yang bisa dipergunakan sebaik baiknya. Berikut ini adalah gambaran karakter tersebut :

Ada 8 karakter, yaitu creator, star, supporter, deal maker, trader, accumulator, lord dan mechanic. Mari kita bahas satu persatu.

1. Creator atau pencipta atau inventor adalah seseorang yang di dalam dirinya memiliki keunggulan bisa menciptakan sebuah produk atau system. Contohnya adalah Bill Gates, Steve Jobs, Thomas Alva Edison, Walt Disney dan Richard Branson. Mereka adalah para penemu hebat pada masanya. Richard Branson menciptakan banyak perusahaan seperti Virgin Records, Virgin Air dan lain sebagainya, Bill Gates, Steve Jobs dan Edison sudah tidak perlu diceritakan lagi siapa mereka. Ciri-ciri dari seorang creator adalah kesempurnaan, mereka akan mengurung diri dalam kamar berminggu minggu, atau bahkan berbulan bulan untuk menciptakan sebuah produk yang sempurna. Dan mereka menuntut orang-orang disekitarnya sesempurna dia, sehingga terkadang orang creator ini cenderung keras kepada orang lain dalam hal kesempurnaan. Mereka lebih mempercayakan manajemen perusahaan diserahkan kepada orang lain, dan mereka ingin selalu berkreasi terus sampai dengan maut menjemput kalau bisa.
TD Square
2. Star atau bintang seperti katanya adalah seseorang pengusaha yang ingin tampil di depan, dan memanfaatkan ketenarannya. Contohnya Tom cruise, Oprah Winfrey dan lainnya.Mereka bisa memanfaatkan ketenaran mereka untuk membuat sebuah perusahaan yang sukses, dalam hal ini adalah production house dan televisi. Mereka ingin tampil pertama kali, mereka adalah orang
orang yang narsis, walaupun sebenarnya di bagan sebelah kanan mereka cenderung narsis semua.

3. Supporter.Supporter bisa juga disebut networking guy. Mereka memiliki sifat kepemimpinan yang sempurna. Terkadang seorang supporter bisa ditemukan di CEO-CEO terkemuka, semisal Jack Welch, CEO General Electric. Mereka adalah magnet untuk semua orang. Orang orang akan tertarik dengan aura sang supporter ini sehingga banyak yang ingin kerjasama dengannya. Di dalam kontak telepon orang ciri ini ada banyak nomer telepon, dari tukang becak sampai dengan presiden
sekalipun. Biasanya perusahaan mencari CEO dari karakter orang seperti ini.

4. Deal maker. Seorang Donald Trump telah lahir sebagai deal maker yang handal.Dia telah membuat kesepakatan dengan ribuan orang untuk membuat sebuah master piece yang tiada duanya, dari Trump Plaza, Casino dan lain lainnya. Seorang deal maker jago dalam hal negosiasi.

5. Trader. Trader bisa kita lihat di pasar-pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modal. Mereka bisa membaca situasi kapan waktunya menjual dan kapan waktunya membeli. Mereka mengetahui dimana barang barang yang bisa laku dijual dan kulakan kemana biar bisa mendapatkan harga yang bagus. George Soros adalah contoh salah satu trader handal. Dia bisa mendapatkan keuntungan jutaan dollar dalam hanya sekali transaksi.

Dari kelima karakter diatas, merupakan karakter pada bagan sebelah kanan. Ciri dari bagan sebelah kanan adalah mereka ingin tampil di depan, mereka memiliki kemampuan menarik massa yang bagus, mereka memiliki narsistik yang tinggi. Untuk trader dan creator, ada beberapa orang yang cenderung ke kanan atau lebih ingin tampil di depan, contohnya Steve Jobs, namun ada juga yang cenderung ke kiri yang tidak mau tampil di permukaan, seperti Bill gates, Edison dan lainnya.

Orang orang yang berada di bagan sebelah kanan juga memiliki kecenderungan yang boros. Walt Disney menghabiskan puluhah juta dollar untuk membangun sebuah taman yang seperti dia pikirkan, walaupun ide tersebut ditentang oleh direksinya. Namun orang orang kanan ini adalah marketing yang hebat serta pemimpin yang disegani.

Minggu depan kita akan membahas bagan sebelah kiri.

 

Aditya Hayu Wicaksono

Direktur Keuangan TDA