In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Konsumen Memang Bukan Raja Lagi

Mustofa

Mustofa Romdloni

Beberapa hari lalu, sembari menikmati perjalanan untuk meeting dengan customer, saya mendengarkan sebuah perbincangan di radio antara pembawa acara dengan seorang pengusaha travel yang berskala nasional. Pengusaha travel ini bercerita tentang masalah yang lumyan dalam bisnisnya, karena lonjakan dollar Amerika, yang berimbas pada naiknya jumlah rupiah yang dikeluarkan para pelanggan guna membayar biaya perjalanan yang sudah ditetapkan dalam mata uang dollar, dan tentu berimbas berkurangnya peminat wisatawan untuk melakukan perjalanan, karena biaya yang tidak terjangkau.

Nah, kalau sudah begini akhirnya sang pengusaha langsung action untuk bagaimana membuat biaya turun, sehingga para pelanggan tidak diberatkan dengan kenaikan kurs dollar Amerika. Beberapa upaya yang dilakukan pengusaha ini adalah, mengontak semua jaringan yang digunakan, seperti pihak penerbangan, hotel, restoran, penyedia jasa transportasi di luar negeri dan lain sebagainya, supaya bisa menurunkan harganya.

Yah, sekarang konsumen bukan raja lagi kata pengusaha ini, karena kalau raja itu pasti banyak uang dan punya kekuasaan besar. Nah, jadinya pelanggan itu apa dong ? Konsumen itu adalah teman, sahabat, bahkan seperti keluarga kita katanya. Jadi pelanggan adalah pihak yang bisa kita ajak diskusi dan mau membuka berbagai keinginan ataupun persoalannya. Kemudian kita mencari jawaban terhadap keinginan dan masalah mereka, melalui produk maupun pelayanan yang kita berikan untuk mereka.

Di industri yang saya geluti dan industri lain pun kurang lebih sama, dahulu banyak perusahaan penanaman modal asing yang menutup diri untuk membeli bahan baku dari produsen lokal, ternyata karena tuntutan untuk terus bertahan dan profit, dalam bisnis yang semakin padat persaingan. Akhirnya membuat mereka membuka peluang kepada produsen lokal untuk menjadi pemasok mereka. Nah menjadi teman dan sahabat, yang segera memahami apa saja yang mereka inginkan , adalah kunci untuk bisa memenuhi kepuasan mereka. Maka sayapun seringkali tak segan-segan untuk bertemu dengan para ekspatriat dengan tanggung jawab tertinggi untuk benar-benar memahami apa yang mereka inginkan.

Nah, bagaimana dengan tahun 2014 ? Kondisi ekonomi yang katanya kian menantang, membuat hubungan produsen atau pemasok dengan para konsumennya, harus semakin dibuat lebih dekat layaknya sahabat, sehingga semua bisa saling memahami dan berjalan beriringan bukan hanya melewati tantangan, tetapi juga lulus dengan semakin bertumbuh.

Mustofa Romdloni
MR Corporation
@tofazenith