In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Langkah Menjadi Seorang Social Entrepreneur (2)

Iim Rusyamsi Majelis Wali Amanah TDA

Iim Rusyamsi
Majelis Wali Amanah TDA

Melanjuti tulisan sebelumnya, Langkah Menjadi Seorang Social Entrepreneur (1), berikut tips langkah-langkah jika anda ingin menjadi seorang Social Entrepreneur :

–    Rekrutlah karyawan yang lebih pintar dari Anda

Sebagai seorang social entrepreneur  Anda tidak harus dapat menguasai segala hal dalam organisasi maupun bisnis, keterbatasan ilmu dan pengalaman Anda, dapat di tutupi dengan membangun tim yang mumpuni yaitu salah satunya dengan merekrut karyawan yang berpendidikan lebih baik dari Anda dan lebih mempunyai ilmu dan pengalaman di bidang yang Anda inginkan.

Contoh : Masril Koto adalah pendiri Bank Tani atau Bank Petani dalam bentuk Lembaga Keuangan Mikro Agrobisnis (LKMA) Prima Tani di Nagari Koto Tinggi, Baso, Agam, Sumatera Barat. Masril Koto yang tidak lulus Sekolah Dasar (SD) saat ini lembaganya tersebut sudah memiliki 550 unit di Sumatera Barat dengan asset Rp. 250 milyar.

–    Memberikan laporan yang transparan dan dapat di akses

Sebagai seorang Social Entrepreneur kadang kita mendapatkan donasi dari para donator untuk kegiatan-kegiatan sosial yang diselenggarakan. Buatlah laporan keuangan dan laporan dampak dari kegiatan tersebut secara transparan dan mudah diakses oleh para donator dan masyarakat.

Contoh : Veronica Colondam adalah pendiri Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), yayasan yang berfokus untuk memberdayakan remaja di bidang kampanye antinarkoba, kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Vera juga mendirikan Rumah Belajar untuk memberi pendidikan bagi remaja putus sekolah dan prasejahtera. Lihatlah laporan kegiatan yayasan tersebut di websitenya, http://www.ycabfoundation.org.

– Bangunlah kemitraan yang efektif

Bagi banyak social entrepreneur, kesuksesannya tergantung pada membangun kemitraan yang efektif. Carilah perusahaan lain yang dapat menjadi mitra Anda dan memiliki visi sosial yang sama dengan Anda. Perusahaan-perusahaan besar pun banyak yang membutuhkan mitra dalam menjalankan program CSR mereka, ajukanlah proposal kemitraan kepada perusahaan yang memiliki track-record yang baik.

Contoh : Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) yang didirikan oleh Veronica Colondam dalam menyelenggarakan program dan kegiatannya banyak melibat kan mitra/partnership. Baik program partners, corporate partners hingga media partners, dan ada juga strategic partners.  http://www.ycabfoundation.org/support/our-partners/#program_partners

 

Iim Rusyamsi
Majelis Wali Amanah TDA
Pemilik http://dokterkomputer.com
Follow http://twitter.com/iimrusyamsi