In Arsip Kabar TDA,LIPUTAN MEDIA

Liputan Kegiatan "Kelompok Mentoring Bisnis TDA Bekasi"

10178107_10152151180548743_900786723_nHari minggu identik dengan leyeh-leyeh? Namun tidak dengan minggu, 6 April 2014 lalu. Apa pasal? saya berkesempatan meliput dua kegaitan KMB atau Kelompok Mentoring Bisnis di dua tempat. Luar biasa bukan? menimba ilmu bisnis langsung dari pakarnya. Pertama KMB Sportif di bawah asuhan Mbah Mufied owner dari kostumbola.com. Kostum Bola sendiri yang melayani pembuatan kaos bola/futsal merupakan usaha yang didirikan oleh Mbah Mufied dengan omset mendekati 1 M/tahun.

Acara ini dimulai pukul 10.00 wib dan bertempat di Kopitiam, Kalimalang Bekasi yang dihadiri oleh sekitar tujuh orang anggotanya. Selanjutnya setiap anggota mempresentasikan pencapaian usahanya di bulan maret atau disebut dengan WOW faktor, mempresentasikan perkembangan usahanya, visi misi usaha, target dan action plan masing-masing usaha, serta struktur organisasi. Usaha yang di jalankan masing-masing anggota bermacam-macam. Ada bursa kacamata, perlengkapan haji dan umrah, karpet, ayam kampung spesial, snack singkong bumbu balado dan lainnya.

Banyak hal menarik yang disampaikan dan bisa menjadi bahan pembelajaran masing-masing peserta. Selain itu setelah mempresentasikan usahanya, anggota yang lain bergantian memberikan masukan demi kemajuan usahanya. Itulah hebatnya TDA, setiap anggota saling mendukung dan membantu setiap usaha anggotanya. Luar biasa. Setelah ishoma, sesi dilanjutkan dengan sesi sharing ilmu dari Mbah Mufied dengan tema Sales dan Marketing. Menurutnya untuk meningkatkan profit dalam bisnis kita maka diperlukan Number of leads untuk kemudian menjadi conversion rate dimana menghasilkan pelanggan. Pelanggan dikalikan jumlah transaksi dan rata-rata penjualan akan menghasilkan pendapatan.

Banyak cara untuk menghasilkan lead seperti menyebarkan brosur, kartu nama, web, seminar, pemeran, email blast, milis komunitas, stiker, kaskus, toko bagus, social media dan lainnya. Nah sedangkan untuk conversion rate starategies bisa dilakukan dengan misalnya memberikan garansi, testimoni kepuasan pelanggan, mencoba sebelum membeli, display, benefit list, presentation skills, merchandising dan lainnya. Wow, ilmu nya sungguh membuat para peserta tergerak untuk memprektekan semua materi yang di ajarkan.

Dari sana kemudian saya meluncur ke Master Penyet, yang berlokasi di Galaxy Kalimalang. Master Penyet yang dimiliki oleh Pak Arifin ini sungguh menggugah selera untuk mencoba. Disana sudah berkumpul KMB yang dimentori oleh Pak Ato Sunarto, owner dari Kupat Tahu Bandung sekaligus pakar property. Saya ketika saya hadir, acara hampir berakhir. Sesi kali ini lebih banyak sharing tentang perkembangan usaha masing-masing anggota sekaligus kendala-kendala apa yang di hadapi oleh masing-masing peserta. Setiap anggota kemudian memberikan masukan. Acara berlangsung magrib maghrib. Terima kasih semuanya. Yuk ikutan Pesta Wirausaha 2014.

Susi S (Kontributor TDA Bekasi)
SMK ITACO Bekasi – Siswa Wirausaha
@suzieicus