In Arsip Pesta Wirausaha

Liputan TDA Gathering – Pesta Wirausaha 2016

TDA Gathering 1TDA Gathering menutup rangkaian agenda hari pertama dan kedua Pesta Wirausaha 2016 (PW 2016), 3-4 Mei di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah. Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB ini merupakan ajang berkumpulnya anggota TDA dari seluruh wilayah.

Berlokasi di panggung Community Meet Up, TDA Gathering dikemas dengan apik untuk menghadirkan keseruan sekaligus mempererat persaudaraan antar anggota TDA. Pada pembukaan acara ini, Rawi Wahyudiono selaku Direktur PW 2016 menganugerahkan penghargaan bagi sejumlah wilayah yang berkontribusi paling banyak dalam mendukung acara PW 2016.

Penghargaan pertama diberikan kepada wilayah-wilayah yang memberikan kontribusi penjualan tiket Pesta Wirausaha 2016 terbanyak, yaitu Sumatera bagian utara (Batam), Sumatera bagian selatan (Palembang), Jabodetabek-Cisera (Bekasi),Kalimantan (Samarinda), Jawa Barat (Bandung), Sulawesi (Makasar), Bali dan Nusa Tenggara (Mataram),  Jawa Tengah-DIY (Solo Raya), Jawa Timur (Kediri).

Penghargaan kedua diberikan kepada wilayah-wilayah yang membawa anggota TDA terbanyak ke ajang Pesta Wirausaha 2016 yaitu Bekasi, Jakarta Timur dan Batam. Sesi acara yang ditunggu-tunggu pada TDA Gathering hari pertama adalah penampilan para dedengkot TDA dengan Ketoprak Humornya.

Dikisahkan seorang pengusaha (Hantiar) terjerat hutang hingga didatangi oleh para debt collector. Hutang yang terus menumpuk dan tak kunjung dibayar membuat bos debt collector (Fauzi Rahmanto) ikut datang menagih. Di tengah perseteruan antara pengusaha dan bos debt collector, datanglah istri pengusaha yang sudah merasa capek dengan kondisi suaminya. Diam-diam si istri menjalankan bisnis dan bergabung dengan komunitas pengusaha yaitu komunitas Tangan Di Atas.

Kelucuan demi kelucuan hadir di hampir setiap fragmen melalui gesture maupun komunikasi verbal para pemainnya. Klimaks dari alur cerita ini adalah kehadiran Presiden TDA (Mustofa Romdhoni) yang menjelaskan tentang nilai-nilai yang dibawa komunitas Tangan Di Atas. Ketoprak diakhiri dengan berdamainya pengusaha dan bos debt collector yang sepakat untuk bersinergi, yang kuat membantu yang lemah.

TDA Gathering 2

Pada hari kedua TDA Gathering, Cak Rawi memberikan penghargaan untuk para Pejuang Pesta Wirausaha 2016 yaitu Yetty Riyadi,  Hani Ansyoriah, Antoko Nugroho. Mereka adalah orang-orang yang telah berjasa membantu banyak hal sehingga penyelenggaraan PW 2016 dapat berjalan lancar.

Hiburan yang tak kalah seru di hari kedua adalah Lomba Yel-Yel Antar Wilayah dan Lipsinc Battle. Lomba Yel-Yel dimenangkan oleh team TDA Samarinda dan Bengkulu. Sedangkan Lipsinc Battle yang diikuti dengan penuh semangat dimenangkan oleh seluruh peserta yang berpartisipasi.

Panitia telah menyiapkan hadiah kejutan yang benar-benar membuat para pemenang terkejut, yaitu smartphone….tapi kotaknya saja! Isinya teh kotak untuk obat haus setelah beraksi di panggung he he.

Meskipun mulanya sedikit kecewa dengan isi hadiahnya, para peserta lomba segera kembali ceria, mengingat sejatinya makna acara TDA Gathering semata untuk menghibur dan menjalin kebersamaan antar anggota TDA.

Sepuluh tahun sudah TDA berdiri, banyak hal yang terjadi baik suka maupun duka. Memori 1 Dekade TDA dihadirkan dalam sebuah album foto yang dilelang. Hasil lelang disumbangkan untuk pembangunan TDA Center. Tujuh orang melakukan penawaran dan disepakati semua yang melakukan penawaran berhak mendapatkan album 1 Dekade TDA. Dana yang terkumpul sebesar 21,2 juta.

TDA Gathering yang dipandu oleh “duet maut” MC Mira Sahid dan Hadi Jagoan diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta dan panitia PW 2016. Semoga kebersamaan kita tetap berlanjut sampai kapan pun. Sampai jumpa di Pesta Wirausaha 2017.

TDA Gathering 3