Sebarkan berita baik ini

liputan-workshop-property-developer-club-property-depok13

Alhamdulillah selesai sudah gawean besar Klub Properti TDA Depok, 10-11 Oktober 2015. Seminggu sudah acara berlalu. Workshop Property yang kami selenggarakan dengan mengharu biru dan respon peserta yang cukup puas. Walaupun masih ada kritik di sana-sini, terkait tempat atau pembicara.
Dimulai dari musibah yang menimpa salah satu teman kami, panitia Workshop, Bro Adit dan kesibukan kami dalam membantu beliau hingga dirawat di RS Islam. Alhamdulillah bahu membahunya teman-teman Komunitas TDA dlm urunan membantu operasi yang bersangkutan, membuat kami sadar-sesadarnya bahwa ternyata Komunitas Tangan Di Atas tidak hanya slogan. Tapi fakta real apa adanya, sesama anggota solidaritasnya sangat tinggi. Perlu diancungin jempol..bravooo.. 🙂

Kembali ke acara Workshop Property, acara yang diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut ini, dimulai dengan materi “Mindset Developer” oleh Zainul Arifin, senior kami. Materi yang dibawakannya telah membuka mata peserta, bahwa bisnis developer belum tentu harus bermodalkan uang yang banyak, asal tahu trik-nya.

Setelah itu dilanjut dengan “Strategi Akuisisi Lahan” oleh Rudi Sahputra yang memaparkan bagaimana mengakuisisi lahan tanpa modal dan tanpa perlu uang. Tetapi dengan menggunakan banyak akal, dan menggunakan sumber-sumber yang bisa dibarter. Terbukti, ternyata memang bisa untuk mengakuisisi tanah dengan tak perlu modal banyak. Yang penting banyak silaturahmi dengan RCTI (Rombongan Calo Tanah Indonesia), mediator bahkan Pak RT di tempat kita.

Di hari yang sama Musthofa Hadid menjelaskan bagaimana membuat “Action Plan” yang detail. Hal ini penting untuk menghitung dan memastikan berapa harga modal, harga pokok penjualan, biaya marketing penjualan, hingga untung yang kita akan dapat selama proyek dijalankan. Materi ini diberikan agar sebaiknya teman-teman peserta harus tahu secara menyeluruh terkait action plan ini, minimal paham alur proses proyek dijalankan.

Dan terakhir, di hari pertama workshop, Yayan menutup dengan materi “Seni Mengurus Perijinan”. Hal perijinan ini jangan dianggap remeh. Karena tanpa keluarnya ijin, ini akan menjadi masalah pada akhirnya dengan pihak Pemda atau bank. Materi dipaparkan secara detail dan “daging” semua isinya.

Di hari ke-2, pagi jam 8.00 wib, peserta langsung di-geber dengan materi “Bagaimana Mendapatkan Investor dan Permodalan”. Materi yang dpaling itunggu-tunggu oleh banyak peserta. Dipaparkan banyak tehnik dan cara untuk mendapatkan permodalan. Misalnya dari menjual unit dibawah harga pasar, menjual dengan pola flipper, sampai dengan memberikan return yang menarik kepada investor. Semua cara dapat dilakukan, yang penting halal, itu prinsipnya.

Setelah coffee break dilanjut dengan materi “Perjanjian Kerjasama” dimana nara sumbernya langsung mentor club property yang sudah berpengalaman, Om Bowo biasanya kita memanggilnya. Beliau juga saat ini dipercaya menjadi Direktur Marcomm TDA Pusat.

Siangnya setelah makan siang dengan menu yang enak dari sajian Hotel Bumi Wiyata, dilanjut dengan materi ” Teknik Pemasaran”. Jika setelah unit rumah terbangun, tetapi tidak bisa terjual, berarti pemasukan tak ada, dan dapat mengakibatkan cashflow bisa berantakan. Maka diperlukan strategi yang jitu dalam menjual unit tersebut. Dan dalam materi ini, Andi Araspro sebagai pembicaranya. Praktisi yang cukup malang melintang menjadi agen properti hingga jadi developer, menjelaskan dengan detail.

Dan di akhir acara, workshop ditutup dengan forum diskusi bersama mentor-mentor Club Property, antara lain Syaugie, Unie If, Fuad, Rahmat Malindo dan Harris mereka semua sudah berpengalaman dalam bisnis property. Para praktisi dari yang bisnis tanpa modal atau moderat (Modal Dengkul dan Urat) hingga mereka yang mengakuisisi tanah dengan pola cash.

Kami, club property, menganggap acara workshop ini hanya langkah awal untuk menjadi Developer. Selanjutnya harus ada wadah yang terus memantau teman-teman peserta dalam menjadi semangat menjadi Developer. Akhirnya KMB, Kelompok Mentoring Bisnis club property, terbentuk. Yang digawangi oleh 12 Mentor tangguh, yang siap mengalirkan ilmunya sebagai amal jariyah mereka.

Yang menjadi istimewa adalah, seluruh pengisi materi workshop property developer ini berasal dari anggota club property. Kami menganggap teman-teman di club sudah layak menjadi pembicara. Karena mereka adalah orang-orang yang berpengalaman langsung di bidang properti. Dan sebagai balasannya kami berikan reward berupa piagam ke masing-masing pembicara tersebut.

Bravo. Selamat buat peserta, semoga apa yg kita rencanakan ke depan, dapat berjalan dengan baik..Sukses Selalu untuk TDA dan trimakasih kepada panitia yang sudah berjibaku mempersiapkan acara ini.

Diakhir tulisan kita berdoa
“Semoga Bro Adit dimudahkan operasinya, di angkat penyakitnya dan sembuh beliau seperti sediakala..Amiin

— SALAMBERBAGI—
Wassalamualaikum.Wr.Wb
oleh : Rudi Sahputra – club Property TDA Depok

liputan/tdadepok/oktober2015


Sebarkan berita baik ini