In Arsip Kabar TDA,LIPUTAN MEDIA

Liputan Workshop Seri#2 'Business Plan' – TDA Batam Forum

Workshop Business Plan 2Setelah mengevaluasi hasil dari Workshop Seri#1 TDA Batam dengan materi “Business Model Canvas” yang diselenggarakan pada tanggal 8 Februari 2014 yang lalu, maka pengurus TDA Batam segera berbenah untuk memperbaiki Workshop Seri#2. Untuk workshop seri#2 dengan materi “Business Plan” ini diselenggarakan pada tanggal 22 Februari 2014. Dengan perbaikan dalam hal promosi dan penyampaian informasi, peserta workshop seri#2 ini mengalami peningkatan menjadi 15 orang. Dan ruang training Tuguss Institute yang maximal untuk 15 orang dipenuhi oleh peserta workshop.

Narasumber Workshop Seri#2 TDA Batam “Business Plan” adalah:

Denny Rifa’i, ia adalah founder dan Direktur PT Tugu Sena Sinergi, Sebuah perusahaan penyedia layanan automasi dan IT, serta training provider di bidang automasi dan IT yang sedang berkembang pesat dengan klien-klien besar seperti PT PLN, PT Schneider Electric, PT Sat Nusa Persada dan banyak lagi.

Konsep dari Workshop TDA Batam adalah berorientasi praktek sehingga peserta diajak untuk mempraktekan secara langsung materi workshop yang disampaikan narasumber. Dalam Workshop Seri#2 “Business Plan” ini peserta diminta untuk mengindentifikasi segala hal yang diperlukan untuk membuka bisnis ataupun membesarkan bisnis masing-masing peserta. Hal-hal yang diidentifikasi berupa, peralatan usaha yang perlu disiapkan, tempat usaha, sumber daya manusia, modal kerja, administrasi, kegiatan pemasaran dan masih banyak lagi.

Setelah peserta mengidentifikasi kebutuhan yang diperlukan untuk memulai usaha atau membesarkan usaha, kemudian peserta diajak membuat rencana kegiatan  (action plan) dari setiap hal yang telah didentifikasi dengan target waktu yang harus ditentukan dan siapa person incharge di tempat usahanya.

Step berikutnya adalah merencanakan biaya investasi. Dalam merencanakan biaya investasi peserta workshop diajak untuk mengidentifikasi modal investasi awal, modal kerja dan modal operasional. Setiap peserta diminta untuk merinci setiap modal yang diperlukan, kemudian memilah berdasarkan kategori jenis modal sehingga mempertajam dalam merencanakan biaya investasi.

Yang paling menarik adalah ketika masuk ke sesi perencanaan cash flow dan Return of Investment. Setiap peserta diminta untuk membuat perencanaan cash flow usahanya dalam satu tahun ke depan. Peserta harus merencanakan target penjualan setiap bulan. Peserta juga harus merinci jenis produk dan jasa yang bisa menghasilkan penjualan baik dalam jumlah maupun omzet. Selain target penjualan, peserta juga membuat rencana biaya produksi setiap bulan untuk satu tahun ke depan. Setelah membuat perencanaan cashflow, peserta bisa mengetahui berapa untung rugi setiap bulannya hingga setahun ke depan.

Workshop Business Plan 3Workshop seri#2 ini benar-benar membuka wawasan, bahwa begitu pentingnya perencanaan bisnis bagi pengembangan usaha. Dan di setiap akhir sesi beberapa peserta diminta untuk mempresentasikan rencana bisnisnya, kemudian peserta yang lain akan memberikan masukan dan saran. Sehingga suasana workshop menjadi begitu hidup dan antusias. Dengan cara presentasi dari business plan yang telah dibuat oleh masing-masing peserta membuat peserta yang lain bisa belajar dari peserta lain.

Usai Workshop Seri#2 ini peserta mengungkapkan bahwa workshop ini sangat berguna untuk merencanakan bisnis mereka ke depan. Dan mereka menyatakan akan mengikuti Workshop Seri#3 pada tanggal 8 Maret nanti dengan materi “Business Funding”. Dalam workshop seri#3 ini peserta akan mendapatkan materi : Mengidentifikasi keunggulan usaha bagi calon investor, menyusun business proposal untuk calon investor, bentuk-bentuk perjanjian bisnis, merumuskan besaran bagi hasil, dan tips menjaga keamanan usaha ketika bekerja bersama investor.

Untuk mengikuti Workshop Seri#3 bisa menghubungi Nila, HP: 0821 7239 3625

 

Wahyudi (Kontributor TDA Batam)

EnjoyBatam.com

EnjoyDigital.co.id