In Uncategorized

Melibatkan Investor dalam Mengembangkan Usaha

Investor di peruntukan untuk pengembangan bisnis kita kedepannya. Hal-hal yang perlu kita persiapkan untuk  menarik investor adalah dengan pertama apakah produk atau ide kita itu ada potensi yang tinggi dalam penjualan di pasar. Kedua adalah dalam hal planning atau segmentasi pasar akan membutuhkan kemampuan untuk melihat pasar dan kebutuhan pasar. Ketiga adalah manajemen perusahaan apakah sudah benar, apakah sistem di perusahaan sudah dapat berjalan dengan baik dari produksi dan pemasaran. Berikutnya adalah data keuangan apakah sehat atau tidak. Investor akan melihat seberapa sehat keuangan dan transparasi perusahaan terhadap keuangan. Terakhir adalah dalam hal mendapatkan keuntungan prospek kedepannya apakah akan untung tinggi atau tidak.

Perlu untuk diperhitungkan apa saja yang diinginkan investor dalam pengelolaan usaha dan ada beberapa prioritas yang investor inginkan sebelum invest terhadap usaha kita. Hal pertama adalah bisnis owner pemilik usaha harus amanah, bisa menjadi leader yang baik dan memberikan tujuan yang jelas terhadap pengembangan bisnis. Pemilik bisnis juga harus memiliki karakter leadership yang bagus dan memang dapat di percaya. Investor juga melihat dari sisi siapa aja mentor yang mengajarkan bisnis dan memantau bisnis ini. Setelah kita melihat dari pemimpin usaha investor akan melihat dari sisi visi dan misi dari usaha tersebut apakah bisnis ini mempunyai prospek yang baik kedepanya atau tidak. Terakhir adalah kesinambungan antara bisnis dan apa yang kita lakukan.

Investor sendiri ada yang tipe individu ada yang tipe perusahaan. Dalam bisnis jasa yang harus di perhatikan adalah karakter dari bisnis owner atau pemimpin perusahaan di mana mempunyai sikap yang jujur dan amanat. Untuk mempunyai karakteristik yang baik perlu untuk mendapatkan mentor yang dapat membimbing kita untuk pengembangan karakteristik diri kita. Dalam mencari investor sebaiknya kita mencari investor yang memang paham dengan apa yang kita kerjakan jadi kita dapat berbagai risiko yang akan terjadi. Dengan begitu jika terjadi force major investor dapat mengerti dengan apa yang terjadi dan dapat memberikan masukan apa yang harus di lakukan untuk memaksimalkan usaha kita. Oleh karena itu konflik-konflik yang akan terjadi antara pengusaha dan investor menjadi minim.

Untuk menarik para investor kita harus setidaknya menyiapkan sekitar 20% – 30% keuntungan kita. Jika kita menggunakan modal bersama dalam melakukan bisnis hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menghitung HPP dari usaha kita dan pembagian yang adil antara setiap orang yang memberikan modal dalam usaha tersebut. Dalam memilih investor kita harus melihat investor yang mempunyai leader yang jelas maka dari itu tidak akan terjadi miss komunikasi antara pengusaha dan investor dan harus di perhatikan leader dari investor ini yang mempunyai karateristik yang baik dan memiliki pemahaman yang baik dalam usaha yang akan di investasikan. Sebelum kita masuk kepada investor kita harus menguasai dahulu dapur usaha kita. Kita tahu apa saja yang kita butuhkan dan apa yang tidak kita lakukan dan hal-hal apa yang kita perlukan untuk pengembangan bisnis kita dengan mengatur hal hal tersebut dengan baik dan benar kita tidak akan lagi bingung dalam hal pembagian berapa persen jumlah yang untuk investor dan berapa jumlah yang di miliki oleh pengusaha.