In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Membangun Tim Impian dalam Bisnis

Teguh Wibawanto

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA

Banyak orang yang bercita-cita membangun bisnis yang besar tapi terjebak dalam kondisi menjadi self employee yang berkepanjangan, karena salah satunya belum bisa membangun tim dalam perusahaan.

Bagaimana membuat semua anggota tim bekerja dalam sinergi demi tujuan bersama ?

Brad Sugars dalam buku Instant Team Building merumuskan enam kunci membangun team impian sebagai berikut :

1. Strong Leadership
Kepemimpinan yang kuat adalah yang mampu memberikan contoh dan mempengaruhi orang-orang yang dipimpinnya. Berarti tugas pemimpin adalah memimpin dan tim bertugas mengikuti apa yang diputuskan oleh pemimpin. Butuh karakter kuat yaitu berani, semangat dan sungguh-sungguh untuk bisa mempengaruhi, serta karakter yang baik seperti jujur, amanah dan kreatif agar bisa dijadikan contoh bagi tim yang dipimpin.

2. Common Goal
Yang dimaksud common goal adalah milestone antara keadaan saat ini dengan visi yang hendak dicapai. Sebagai contoh tujuan bersama adalah sebagai berikut : “Apabila sales mencapai target penjualan 100%, maka akan bersama-sama tour ke Singapore atau perusahaan tembus target semua tim tour bersama ke Dufan Ancol.

3. Rule of the Game
Adalah membuat aturan perusahaan, budaya dan tata terbit berikut konsekuensinya apabila melanggar hal tersebut. Jika kita tidak membuat budaya maka tim akan membuat budayanya sendiri.

4. Action Plan
Biasakan tim bekerja atas dasar perencanaan, karena perencanaan yang baik membuahkan hasil yang baik, perencanaan buruk membuahkan hasil yang buruk juga, apalagi tanpa perencanaan.

5. Support Risk Taking
Agar tim lebih mandiri dalam mengambil keputusan, bisa di support risiko kerja yang masih bisa terukur dampak buruknya. Jika tidak diajarkan mengambil risiko akan sulit menjadikannya mandiri.

6. Be 100%
Sesuatu yang kita fokuskan akan terus tumbuh, begitu juga bisnis, jika kita tidak fokus bagaimana mungkin mengharapkan tim untuk fokus juga. Seorang pemimpin hanya akan mendapatkan staf yang pantas didapatkannya, karena itu apapun yang terjadi dalam bisnis adalah cerminan dari kemampuan dan ketidakmampuan pemimpinnya.

Philip Caldwell dalam sebuah ungkapan mengatakan :
“Hal terpenting yang harus dipahami adalah Anda membutuhkan tim Anda, dan tim Anda itu harus dihargai atas kesuksesan dan kegagalannya. Banyak orang yang akan mengaku jika ikut berkontribusi dalam sebuah kesuksesan namun tidak ada yang mau disalahkan atas sebuah kegagalan”.

 

 

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama eksternal TDA
www.hydro.co.id