In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Menabung Kebaikan

adit 3

Aditya Hayu Wicaksono
Direktur Keuangan TDA

Kemarin saya berkesempatan bertemu dengan seorang legenda ‘perkaosan’, yaitu Om Wiwid.  Siapakah dia? Dia adalah pemilik dari PT Caladi Lima Sembilan, atau orang-orang mengenalnya sebagai C59. Beliau sejak 1980 telah merintis usahanya saat ini hingga memiliki 2 pabrik dan banyak karyawan.

Kami diterima di kantornya sekaligus café nya yang baru di Bandung, di Jalan Merak no 2 Bandung, nama café-nya adalah Nom-Nom Eatery Café. Sungguh luar biasa pertemuan kami saat itu, kami melihat dari dekat proses kreatifitas C59 dari dekat, bagaimana beliau tetap semangat di usianya sudah tidak tergolong muda, namun semangatnya seakan akan tidak mau kalah dengan kita-kita ini. Di Jalan tersebut adalah pusat pemasaran sekaligus kreatifitas dan toko C59, dan di tambah lagi atasnya yaitu café Nom-Nom yang baru buka 6 bulan lalu. Di depan kantornya adalah seekor burung yang indah, dan itulah burung Caladi, yang diambil dari nama jalan pertama kali Wiwid merintis usahanya saat ini, Jalan Caladi no 59 Bandung.

Sebenarnya ini adalah pertemuan saya dengan beliau kedua kalinya. Pertemuan pertama beliau berkesempatan datang di café saya di Darmo Heerlijk Surabaya. Panjang sekali pengalaman serta ide-idenya yang gila, baik untuk TDA, café saya dan juga kehidupan. Dengan pengalamannya yang seabrek itu saya yang paling teringat adalah cerita tentang pertemuannya om Wiwid dengan seorang pengusaha yang bernama Chairul Tanjung. Jauh sebelum CT ini memiliki Trans Corp, Bank Mega, Carrefour dan lainnya, Wiwid telah memiliki ide yang ketika itu gila, yaitu sebuah konsep taman bermain namun di dalam ruangan. Tapi siapa sangka, CT masih mengingat ide tersebut lalu sekian belas atau puluh tahun kemudian CT berhasil mendirikan sebuah ide tersebut dengan nama Trans Studio. Dan CT tidak lupa akan jasa sang maestro ini, dicarilah sang maestro ini dan ketika bertemu CT berterima kasih atas ide Wiwid dan untuk “membayar”nya CT memberikan proyek yang besar yaitu membuat seragam seluruh karyawan TransCorp yang meliputi Trans TV, Trans 7, Trans Studio, Bank Mega, ditambah lagi dengan usaha CT yang lainnya.

Kata Wiwid itulah tabungan saya. Entah di mana lagi tabungan om ini, namun saat ini hampir seluruh distro baik di Bandung, Manado dan beberapa kota besar lainnya produksinya ya di C59, belum lagi seragam TNI, baju-baju bermerk yang ada di Matahari, Harley Davidson Indonesia dan bahkan untuk merchandise Walt Disney di luar negeri C59 lah yang membuat.

Pelajaran inilah yang bisa saya petik. Siapapun dia orangnya, kita harus selalu berbuat baik, entah mungkin orang itu akan membalas kebaikan kita ataupun tidak namun suatu saat tabungan kita akan cair pada waktu yang tepat dan kadang tidak di sangka. Bahkan pertemuan saya yang pertama tersebut merupakan tabungan yang nantinya akan menghasilkan sebuah bisnis baru. Berbuat baiklah dan perbanyak silahturahim karena memang benar, silahturahim membuka pintu rezeki.

 

Aditya Hayu Wicaksono
Direktur Keuangan TDA