In Arsip Pesta Wirausaha

Pesta Wirausaha Jakarta Raya 2015, Momentum XL Luncurkan Aplikasi Digibiz (Siaran Pers)

PresConf PW Jakarta Raya 2015

 

Jakarta, 2 Desember 2015. Komunitas Tangan Di Atas (TDA) wilayah Jakarta akhirnya menggelar Pesta Wirausaha yang merupakan rangkaian Pesta Wirausaha Wilayah 2015 yang dilaksanakan secara marathon di 24 kota. Sebagai komunitas wirausaha terbesar di Indonesia, TDA sangat terbuka untuk kolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta yang konsen dengan perkembangan kewirausahaan di Indonesia.

Komunitas TDA menyambut baik dukungan PT. Axiata TBK (XL) kepada kalangan UKM yang menyiapkan aplikasi khusus yaitu aplikasi “Digibiz”. Komunitas TDA mendapat kesempatan menikmati layanan perdananya di Pesta Wirausaha Jakarta 2015. Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, dan Presiden TDA, Mustofa Romdloni meresmikan aplikasi yang didedikasikan untuk kalangan UKM ini di
Jakarta, Rabu (2/12). Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara hadir menyaksikan peresmian tersebut.

Presiden TDA Mustofa Romdloni menyampaikan bahwa TDA melalui kegiatan Pesta Wirausaha selalu berusaha menjembatani setiap kebutuhan UKM di Indonesia. Pesta Wirausaha Jakarta Raya 2015 merupakan rangkaian Pesta Wirausaha Wilayah 2015 yang secara marathon bergulir di 24 Wilayah. Pesta WIrausaha merupakan langkah nyata dari komitmen Komunitas TDA untuk meningkatkan potensi para wirausahawan, terutama UKM untuk tumbuh dan menjadi market leader di daerahnya masing-masing.

Mustofa Romdloni juga menjelaskan, dengan tema besar di Pesta Wirausaha wilayah 2015 Let’s Grow Together diharapkan dunia wirausaha dapat tumbuh bersama dalam beragam industri, produk dan inovasi, maka saling melengkapi atau kolaborasi adalah hal utama untuk kita dapat menghadapi dan menyongsong persaingan global di era MEA. Kebutuhan teknologi digital dikalangan UKM telah menjadi kebutuhan yang sangat penting dan berguna untuk
peningkatan penjualan dan kualitas pelayanan bisnis. Dan kali ini XL memahami kebutuhan tersebut dengan menghadirkan aplikasi yang user friendly bagi kalangan UKM.

Di kesempatan yang sama Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan mengatakan, “Digibiz adalah platform yang bersifat solusi guna mendukung para pelaku usaha UKM untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Kami melihat pasar UKM cukup berkembang cukup pesat dan signifikan, namun tingkat penetrasinya masih kecil dibandingkan dengan pasar retail maupun korporat. Dengan kompetensi kami di bidang teknologi informasi dan komunikasi, kami tidak
ingin ketinggalan dalam mendorong kalangan UKM untuk bisa lebih memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan produktivitasnya.“

Ongki menambahkan, dalam pengembangan layanan ini, XL juga merangkul kalangan perbankan dan lembaga jasa keuangan, serta juga komunitas UKM di berbagai daerah. Menurutnya, kemudahan akses ke kalangan perbankan memang menjadi kebutuhan pelaku UKM. Sementara itu, dalam merangkul kalangan UKM, XL bekerjasama dengan komunitas Tangan di Atas (TDA). Komunitas ini beranggotakan tidak kurang dari 10.000 lebih pelaku UKM yang tersebar di berbagai daerah maupun di beberapa negara.

Solusi Digibiz ini terutama ditujukan bagi pelaku UKM yang memang memiliki kesadaran untuk menggunakan teknologi digital guna membangun bisnisnya. Selain itu juga pada pengusaha UKM yang paham dengan teknologi, atau setidaknya yang memandang perlu untuk mencoba.

Selanjutnya juga kepada siapa saja pengusaha yang memang sudah sangat terbiasa memanfaatkan gadget dalam menjalankan aktivitasnya. Secara garis besar, Digibiz menawarkan tiga manfaat. Pertama, Product Solution, yaitu berbagai solusi produk layanan yang relevan untuk dapat mendukung bisnis UKM mereka. Kedua, Business Solution, di mana pelanggan akan mendapatkan manfaat yang bersifat non-telco antara lain tempat berjualan, promosi, pinjaman, dan informasi bisnis. Selanjutnya manfaat terakhir berupa Network atau jejaring, yaitu secara tidak langsung pelanggan akan mendapatkan jaringan bisnis dengan cakupan yang lebih luas dengan memanfaatkan aplikasi ini.

Pesta Wirausaha Jakarta Raya 2015 menampilkan pembicara sekelas Hermawan Kartajaya Founder dan CEO Markplus.inc yang meberikan bermacam insight marketing di era digital. Achmad Zaky Founder Bukalapak dan Lila Nirmandari CEO Elevania mengulas tentang potensi pasar bagi UKM di marketplace. M. Rosihan Founder Saqina.com serta Intan Kusuma Fauzia Owner Vanilla Hijab juga berbagi pengalaman dalam membangun bisnis fashion online. Hadir juga untuk berbagi M. Yukka Harlanda CEO Brodo, Danu Sofwan Founder Radja Cendol, dr. Tompi Owner Klinik Beyoutiful dan Danny Syah Aryaputra dari Dagelan.

Pesta Wirausaha telah menjadi ajang yang wajib dihadiri oleh wirausahawan maupun bagi yang baru terjun dalam bisnis karena menjadi tempat belajar dan berbagi. Ini membuat Pesta Wirausaha wilayah di tiap tahunnya selalu bertambah untuk kota yang menyelenggarakan acara ini. Terlihat antusias TDA wilayah menandakan perkembangan yang positif UKM di Indonesia.

 

event/pwjakray/desember2015