In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Risiko

Coach FRSetiap pemimpin sadar bahwa mereka tidak dapat menghindari risiko. Setiap tindakan memiliki risiko, bahkan tidak melakukan tindakan sekalipun, juga bisa berisiko. Jadi risiko bukan sesuatu yang bisa diabaikan. Namun risiko bisa dikendalikan. Dan seorang pemimpin hebat paham hal ini.

Para pemimpin bisnis yang pernah membuat sejarah memperlihatkan keberanian menghadapi risiko, sekaligus kemampuan mengendalikan risiko yang baik. Risiko mereka hadapi karena merupakan bagian dari perjalanan sebuah bisnis untuk naik kelas.

Apa yang para pemimpin hebat tersebut lakukan dalam menghadapi risiko? Pertama, mereka pahami terlebih dahulu kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Setiap keputusan untuk melakukan tindakan atau tidak melakukan tindakan, membawa konsekuensi, dan setiap konsekuensi yang memberi dampak buruk diperhitungkan.

Bisa terjadi dampak buruk yang mungkin terjadi adalah hal-hal yang dapat terukur seperti hilang atau berkurangnya asset, kehilangan pelanggan tertentu, hingga ke hal-hal yang mungkin lebih sulit diukur, seperti pengaruh buruk terhadap semangat tim.

Dampak buruk tersebut diperhitungkan pengaruhnya secara lebih luas terhadap organisasi. Apa pengaruhnya terhadap pencapaian tujuan organisasi secara umum. Dan dipertimbangkan apabila terjadi apakah organisasi dapat menerima.

Pertimbangan atas kemungkinan-kemungkinan terburuk yang dapat terjadi, menjadi landasan bagi pemimpin dalam merumuskan langkah-langkah apa yang dapat dilakukan untuk mencegah dampak buruk tersebut. Sekaligus menjadi dasar dalam merumuskan apa yang harus dilakukan, jika sekalipun segala upaya sudah dilakukan, namun dampak buruk tetap terjadi.

Dengan demikian pemimpin yang baik bukanlah mereka yang menghindar risiko. Namun justru sadar risiko, dan siap dengan langkah-langkah konkret untuk mengendalikan apabila risiko yang tidak diharapkan terjadi.

 

Fauzi Rachmanto
Presiden TDA
@fauzirachmanto