In Arsip Kabar TDA,LIPUTAN MEDIA

Seminar 'Berbisnis dengan Allah' – TDA Ternate Forum

Seminar Hafiz 1Acara seminar dimulai tepat pukul 13.30 WIT, Minggu 10 November 2013, bertempat di Aula Gedung Rektorat Kampus Universitas Khairun, Ternate. Diikuti oleh 100-an orang peserta. Diawali dengan sambutan dari pihak UnKhair (Universitas Khairun) Ternate, diwakili oleh Iswan (Dosen Fakultas Ekonomi), dilanjutkan dengan sambutan dari pihak TDA di wakili oleh M. Riswan Ilyas.

Dalam sambutannya Dosen FE (Fak. Ekonomi) Univ. Khairun menyatakan dukungannya terhadap program pemerintah untuk mengurangi pengangguran melalui progran kewirausahaan melalui kampus. Mahasiswa harus didorong agar mau bermimpi menjadi pengusaha sukses. Pihak kampus berharap adanya kerjasama antara mahasiswanya dengan TDA, agar mahasiswa bisa  mempraktekkan apa yang telah didapat di kampus dalam kondisi nyata di lapangan.

Tepat pada pukul 14.00 WIT acara inti yaitu seminar  ‘Yuk berbisnis dengan Allah SWT’ dibawakan oleh Hafiz Khairul Rijal (Direktur Pelayanan Khusus, membawahi TDA Kampus dan TDA Perempuan) dimulai. Hafiz Khairul Rijal lebih akrab dipanggil dengan Bang Hafiz, mengawali materi seminar dengan memutar video story tentang bagaimana awalnya beliau merintis bisnis cendolnya, mulai dari mendorong gerobak cendol. Kisah dimulai ketika beliau memutuskan untuk menjadi tukang cendol, sambil masih menjadi karyawan di PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) dengan penghasilan sudah cukup lumayan pada saat itu.

Usaha cendolnya berkembang pesat ke seluruh Indonesia dengan menjalin kemitraan dengan para investor. Tak hanya cerita keberhasilan yang di-share oleh Hafiz, cerita-cerita kegagalan juga diceritakan. Menurut Hafiz cendol adalah buah dari kegagalan 12, maksudnya cendol adalah percobaannya yang ke 12, dan gagal.

Di pertengahan materi seminar, Hafiz membahas korelasi langsung antara bisnis dengan sang pencipta. Hafiz merasa diberi banyak keajaiban untuk dirinya pribadi serta bisnisnya sehingga dia bisa tetap survive. Hafiz terus maju di tengah-tengah keterpurukan, alhamdulillah akhirnya dari seorang yang lebih dikenal dengan tukang cendol sekarang bertranformasi menjadi pengusaha busana muslim dengan brand MAE.

Di akhir materi seminar, Hafiz banyak memberi contoh berkreasi dengan melalui media online seperti Youtube. Dia memberi contoh dengan memutar video-video kreatifnya yang diunggah di Youtube.

Acara selesai pada pukul 17.00 WIT, akhir acara ditutup dengan foto bersama antara pemateri dan para peserta seminar.

 

Muhammad Ammarullah K.
www.velocityshophouse.com @distro ternate
Never Ending Spirit