In KABAR TDA DAERAH

TDA Class – Workshop Series “Sukses Jualan di Marketplace: Foto Manis Jualan Laris” by Dimas Bhre

Komunitas Tangan Diatas (TDA) adalah sebuah komunitas wirausaha terbesar di Indonesia. Hadir di 5 negara, 15 wilayah dan 61 daerah termasuk di Surabaya. TDA Surabaya secara rutin mengadakan beragam kegiatan bisnis, baik teknis maupun non teknis guna mengembangkan kapasitas bisnis anggotanya.

 

 

 

Pada hari rabu tanggal 6 September 2017 TDA Surabaya menggelar Workshop dengan pembahasan “Foto Manis Jualan Laris”.  Kegiatan ini merupakan rangkaian TDA CLASS dengan tema SUKSES JUALAN DI MARKETPLACE. Sebuah kelas teknis untuk pemula tentang cara membuat foto-foto produk yang dijual di situs e-commerce menjadi terlihat professional. Kita ketahui bahwa situs e-commerce saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Workshop dengan pembahasan “Foto Manis Jualan Laris” ini merupakan kelas ketiga, dimana kelas pertama pada minggu sebelumnya membahas mengenai e-commerce Tokopedia dan di minggu kedua membahas mengenai e-commerce Shopee.

Marketplace adalah sebuah “pasar” di internet. Sebagaimana pasar pada umumnya, marketplace merupakan suatu wilayah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Dengan semakin meningkatnya pengguna internet, para pelaku bisnis didorong untuk melakukan inovasi pemasaran dan memanfaatkan media online sebagai lahan bisnis.

 

 

Pada kelas teknis yang ketiga tanggal 6 September 2017 dibahas mengenai seluk beluk fotografi, antara lain komposisi, pencahaayaan, transparansi, dll yang membuat hasil foto semakin keren. Setelah diberikan penjelasan oleh pembicara, para peserta mulai melakukan praktek memotret produk-produk yang mereka jual. Selain itu juga terdapat beberapa fasilitator yang membantu selama praktek berlangsung. Para fasilitator ini bertugas untuk membantu peserta dalam melakukan praktek seperti yang dipandu oleh pembicara. Sebelumnya pada H-2 para peserta diminta untuk membawa peralatan dan aplikasi yang dibutuhkan dalam praktek di kelas foto produk ini.

 

 

Setelah praktek pengambilan gambar, pada pukul 12.00 hingga 13.00 WIB seluruh peserta diperbolehkan untuk beristirahat, menjalankan sholat dan makan siang (ishoma). Setelah ishoma, pembicara pun menjelaskan mengenai aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit foto melalui smartphone. Aplikasi-aplikasi tersebut mudah dan praktis untuk dijalankan karena melalui smartphone yang bisa dibawa dan dibuka dimana saja. Para peserta juga langsung belajar menggunakan aplikasi yang telah dijelaskan oleh pembicara.

 

Jumlah peserta untuk tiap kelas pada TDA CLASS kali ini hanya dibatasi 30 orang saja. Hal ini bertujuan agar para peserta lebih fokus sehingga ilmu yang disampaikan dapat terserap dengan baik dan bisa langsung dipraktekkan oleh para peserta. Dengan antusiasme para peserta maka event yang diadakan mulai pukul 08.30 hingga 14.00 WIB ini menjadi cukup meriah. Banyak peserta yang merasa terbantu dengan adanya TDA CLASS dengan tema SUKSES JUALAN DI MARKETPLACE ini.

 

 

 

 

 

 

Untuk mingu selanjutnya akan dilaksanakan kelas keempat yang membahas mengenai seluk beluk marketplace Bukalapak. Kelas ini akan step by step mengulas cara awal membuka akun, mengupload produk, membahas aturan-aturan atau rules, mengoptimasi toko/akun juga berbagai permasalahan yang sering dihadapi penjual/seller.

 

Dengan semangat Scale Up Spirit yaitu Get Up, Speed Up dan Scale Up. TDA Surabaya berkomitment untuk memajukan pelaku usaha di Indonesia khususnya di kota Surabaya. Bersama bertumbuh kembang dan saling menguatkan menjadikan UKM dan UMKM go global dengan pasar internet yang tanpa batas.