In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Team Work Makes the Dream Works

MR With product

Mustofa Romdloni

Soichiro Honda yang punya keahlian mesin dan seorang inventor, sang penemu dengan mimpi-mimpi besarnya, pada akhirnya harus mencari partner yang ahli dalam hal pengelolaan perusahaan alias seorang administrator yaitu Takeo Fujisawa. Karena sadar perusahaanya yang berantakan, tidak akan berhasil tanpa pengelolaan yang baik dari seorang yang ahli.

Selalu ada tantangan, tetapi jangan sampai kendala dan kekurangan yang kita rasa dan miliki, menghalangi kita untuk mewujudkan ide cemerlang yang bisa membawa menuju impian yang ingin kita raih. Setiap manusia dianugerahi dengan kelebihan dan kekurangan. Dan seringkali kita melupakan bahwa segala kekurangan kita bisa kita perbaiki, atau bisa di lengkapi oleh orang dan pihak lain yang ada disekitar kita. Yakni dengan bekerjasama dengan mereka, sesuai dengan kalimat bijaksana ‘Team work makes the dream works’ atau kerjasama membuat impian menjadi kenyataan, seperti yang dilakukan Honda di atas.

Dalam memulai usaha, baik pebisnis baru maupun pebisnis kawakan sekalipun, sering dalam menjalankan usahanya harus mengandalkan kemitraan, atau sering disebut juga partnership atau kongsi. Sehingga perusahaan punya kemampuan yang lebih hebat dengan bergabungnya sumber daya yang dimiliki masing-masing mitra.

Waktu menjalankan operasional dan menghadapi tantangan sehari-hari tentu saja akan terasa lebih ringan kalau ada mitra untuk diskusi dan mencari solusi dalam memecahkan masalah. Beberapa pertimbangan untuk mencari mitra pada umumnya adalah:

a. Pertimbangan kebutuhan modal dana atau sumber daya yang besar, yang bisa jadi tidak bisa dicukupi dari kemampuan sendiri.

b. Pertimbangan pengalaman dan kemampuan menjalankan perusahaan, karena kebanyakan usaha akan jauh lebih aman dan cepat berkembang jika ditangani oleh orang-orang yang berpengalaman di bidang usaha itu. Serta memiliki keahlian dalam fungsi masing-masing dalam menjalankan usaha.

Contoh kemitraan yang berfungsi dengan baik yaitu perancang Christian Dior yang menggandeng Marcell Boussac, seorang pengusaha tekstil yang sanggup mendukung secara finansial dan sumber daya lainnya dalam mendirikan rumah mode Christian Dior.

Microsoft didirikan Bill Gates yang bermitra dengan Paul Allen, temen dekat dimana keduanya sama-sama jago di bidang pemrograman komputer, dengan kemampuan masing-masing mereka saling melengkapi dan membangun bisnis sehingga menjadi raksasa dunia, bahkan Microsoft telah membawa Bill gates menjadi orang paling kaya didunia.

Steve Jobs yang banyak ide dibidang komputer dan ahli penjualan, harus bermitra dengan Steve Wozniak yang jago di bidang rekayasa dan pemrograman komputer. Jobs pernah mengajak Ron Wayne seorang teman yang faham dunia komputer dan lebih dewasa, untuk bergabung dengan 10% saham, dengan salah satu tujuan adalah sebagai penengah di antara Jobs dan Wozniak yang masih muda dan ambisius.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 bersama teman-teman sekamar dan teman kuliahnya di Harvard University antara lain Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz and Chris Hughes dan mereka berbagi tugas dalam menjalankan perusahaannya.

Saya sendiri punya beberapa pengalaman, dan sangat merasakan manfaatnya bagaimana bermitra. Baik dengan teman-teman saja, bermitra dengan pemodal dalam negeri, bermitra dengan pebisnis dari luar negeri atau bahkan saya sendiri berlaku sebagai pemodal. Termasuk bermitra dengan kategori mitra aktif dan pasif, semua kemitraan kami sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Mencari mitra bisnis yang tepat adalah seni tersendiri, mungkin dilain kesempatan akan kita bahas soal ini. Karena saya pribadi, selain menikmati indahnya partnership, juga menghadapi beberapa tantangan, dan pernah mengalami pahitnya memiliki partner yang tidak tepat, yang justru merugikan bisnis.

Sekali lagi ada baiknya kita renungkan, bahwa untuk membuat mimpi kita lebih mudah menjadi nyata, mungkin salah satunya dengan mencari partner yang menjadi tim dan saling melengkapi adalah caranya.

Sesuai kalimat bijaksana ‘Team work makes the dream works’.

Mustofa Romdloni
MR Corporation
Follow @tofazenith