In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Unggul dalam Aspek Operasional

Teguh Wibawanto

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA

Para pebisnis memulai bisnis pada umumnya memulai dari aspek jualan atau marketing. Dan ketika perusahaannya semakin berkembang mulai timbul masalah (baca:tantangan) dalam aspek operasional atau dalam hal delivery produk dan jasanya.

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam aspek operasional yaitu Quality, Cost, Delivery, Service dan Morale atau disingkat QCDSM. Penjabarannya adalah sebagai berikut :

1. Quality
Peningkatan kualitas produk dimulai dari komitmen top manajement terhadap kualitas itu sendiri, baru kemudian fokus pada pelanggan dan akhirnya atribut yang melekat pada produk itu sendiri seperti disain, tampilan produk, kesesuaian produk, kehandalan dan daya tahan produk itu sendiri.

2. Cost
Produktifitas dan efisiensi adalah kunci untuk menekan biaya secara keseluruhan. Biaya yang dimaksud di sini bisa merupakan biaya langsung yang merupakan variabel atau biaya tidak langsung seperti sewa bangunan dan sejenisnya. Salah satu kunci menekan biaya langsung adalah pembelian dalam skala ekomoni yang banyak sehingga biaya persatuannya rendah.

3. Delivery
Keunggulan dalam bidang delivery dapat dilakukan dengan mengunakan sistem pelacakan pesanan, organisir stok berdasarkan perputaran yang cepat, gunakan sistem pengiriman yang “just in time” dan meningkatkan keamanan pengiriman produk anda.

4. Service
Berikan pelayanan yang konsisten dan sistematik, konfirmasikan berbagai detil sebelum pengiriman produk atau penyampaian data, ukur kualitas dan profesionalisme dari pelayanan dan jangan buat janji yang tidak bisa kita deliver.

5. Morale
Morale adalah spirit dalam bekerja, cara meningkatkan spirit bekerja adalah dengan membuat meeting secara teratur, buat kegiatan olahraga dan tour bersama serta membuat program pelatihan secara teratur. Salah satu prinsip dalam operation management adalah kekuatan suatu mata rantai ditentukan oleh yang paling lemah. Maka dalam hal ini meskipun kita ahli dalam marketing dan penjualan tetapi lemah dalam aspek operasional hal tersebut akan menjadi faktor penghambat kemajuan bisnis kita.

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA
www.hydro.co.id
follow @teguhHYDRO