In Kolom Opini

Vital Signs

Vital SignsBeberapa teman saya lihat dengan bangga dan senang memposting di laman sosial media, hasil tes kesehatan mereka yang menunjukkan angka-angka seperti kadar gula, kadar lemak, asam urat dan sebagainya.

Mereka senang, karena hasil pengujian menunjukkan nilainya berada di posisi normal, alias tidak kurang ataupun melebihi ambang batas yang dianjurkan para ahli kesehatan.

Pengujian seperti detak jantung, tekanan darah, kadar gula, lemak, asam urat dan lain-lain, adalah untuk mengetahui tanda-tanda vital atau vital sign. Ketika vital sign menunjukkan angka-angka yang bagus,maka kemungkinan secara keseluruhan bisa dibilang kesehatan sesorang juga bagus. Meskipun bisa jadi ada juga pengecualian potensi penyakit yang tidak terdeteksi dari pengecekan-pengecekan di atas.

Vital Sign Bisnis

Nah kalau vital sign dalam dunia bisnis apa ya kira-kira ? Tentu ada beragam check list yang bisa kita lakukan untuk mengetahui sebuah bisnis sehat atau tidak.

Coba kita runut satu persatu: Pertumbuhan penjualan, pertumbuhan keuntungan, pertumbuhan aset, jumlah komplain terhadap produk dan layanan, kondisi cash flow, pertumbuhan karyawan dan berapa banyak yang masuk keluar, apakah bisnis dan produk kita sudah memenuhi aspek legal, pertumbuhan market baru, dsb.

Vital Sign TDA Wilayah

Supaya manfaat Komunitas Tangan Di Atas ( TDA ), semakin terasa dan terukur, maka saya punya ide untuk membuat check list vital sign bagi wilayah-wilayah TDA. Parameter angka minimal juga akan diberikan dalam vital sign ini. Wilayah  dengan check list OK yang semakin banyak, maka wilayah dan kondisi membernya juga semakin sehat. Kitapun bisa berikan Grade wilayah berdasar vital sign ini.

Kira-kira apa saja yang bisa dijadikan vital sign sebuah wilayah TDA, mari kita kita coba runut, mungkin beberapa hal yang bisa di ukur berikut ini:

  1. Memiliki pengurus aktif
  2. Jumlah member
  3. Jumlah KMB
  4. Menyelenggarakan edukasi serangkaian workshop series
  5. Memiliki TDA Center
  6. Menyelenggarakan Pesta Wirausaha, atau kegiatan sejenis
  7. Memiliki arus kas positif
  8. Jumlah member yang jadi milyarder

Pelaksanaannya tentu saja sukarela, tetapi jika dilakukan insyaAllah hasil akhirnya adalah pertumbuhan bisnis serta jumlah member. Ada materi standar minimal yang di berikan ke member.  Sehingga semakin banyak pengusaha milyarder tangguh yang dihasilkan dari seluruh wilayah-wilayah TDA.

Mustofa Romdloni
Presiden TDA 4.0
@tofazenith
mrcorp.co.id

kolom/pres/mei2015