In Arsip Pesta Wirausaha

Wisnu Dewobroto, Pendidik dan Praktisi Bisnis Berbagi Menjadi Entrepreneur dengan Pola Pikir yang Benar di Pesta Wirausaha 2016

wisnu dewabrata

Menjadi pebisnis seharusnya tidak hanya berorientasi pada materi. Demikian diungkapkan Dr. Wisnu Sakti Dewobroto. Pengusaha sekaligus dosen kewirausahaan pada berbagai universitas di Indonesia ini menyayangkan, hampir 90% pengusaha pemula mempunyai mindset yang salah dengan arti kata “Pengusaha”.

Ditambah lagi dengan maraknya seminar kewirausahaan bertajuk sukses berbisnis dengan keuntungan fantastis, cara cepat kaya jadi pengusaha, dan tema-tema sejenis, membuat kesan seolah-olah menjadi pengusaha adalah cara cepat untuk kaya. Sesungguhnya menjadi kaya, memiliki kebebasan finansial dan waktu, hanya merupakan “dampak” dari bisnis yang dilakukan oleh seorang pengusaha.

Komisaris PT. Gajah Mungkur Sejahtera ini mengungkapkan, hal penting yang perlu mendasari seseorang menjadi pengusaha adalah “Focus on Giving”. Pada dasarnya, semua bisnis adalah proses pemberian manfaat bagi masyarakat. Dengan kata lain seorang pengusaha memberikan solusi atas permasalahan yang dialami sebagian masyarakat yang bisa disebut sebagai “customer”.

Pria yang akrab dipanggil Mas Nu ini aktif memberikan pengajaran, atau lebih tepatnya pendidikan, di bidang kewirausahaan. Selain di kampus-kampus tempatnya mengajar, yaitu di Universitas Trisakti, Binus International dan President University, ia juga sering berbagi di komunitas-komunitas kewirausahaan, terutama komunitas Tangan Di Atas (TDA) yang menjadi salah satu inspirasinya dalam menemukan teori “Community Optimization” sebagai disertasi Doktoral.

Tak hanya piawai dalam teori bisnis, Mas Nu pun terjun langsung menjadi pengusaha. Beliau telah memulai usaha sejak di bangku kuliah dengan menjual jaket di trotoar istora Senayan. Saat ini ia sukses menjadi komisaris dan direktur dari beberapa bidang usaha, mulai dari radio, transportasi, restoran, SPBU, sampai perbankan.

Wisnu Dewobroto akan hadir dan menjadi salah satu pembicara di Pesta Wirausaha 2016. Anda yang ingin banyak belajar dari beliau tak boleh ketinggalan acara ini. Pastikan Anda juga hadir di sana.