In Arsip Pesta Wirausaha

Yodhia Antariksa Pakar HR Management yang Eksis di Dunia Digital, Akan Berbagi di Pesta Wirausaha 2016

Yodhia for PWYodhia Antariksa adalah Founder dan CEO PT. Manajemen Kinerja Utama, sebuah firma konsultan yang bergerak dalam bidang corporate performance management. Yodhia menyelesaikan pendidikan dalam bidang master of science in HR management dari Texas A&M University (USA) atas beasiswa dari Fulbright Scholarship. Sementara pendidikan strata satunya diselesaikan dalam bidang manajemen dari Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Punya perusahaan konsultan memang sudah menjadi visinya sejak kuliah di Jurusan Manajemen Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Ketika memasuki dunia kerja, visi itu semakin mengkristal. “Ketika kerja sebagai trainer di Bogasari for Meal saya mulai menemukan bahwa bidang konsultan yang saya inginkan itu HR,” kenang ayah dari dua orang anak yang lahir di Pekalongan, 7 Februari 1971 itu.

Untuk memperdalam ilmu HR, Yodhia pun mengambil program master dalam bidang HR Management di Texas A&M University, AS atas beasiswa dari Fulbright. Kembali ke Tanah Air pada 2001, dia bekerja sebagai konsultanm SDM di Ernst & Young dan dua tahun kemudian pindah ke GML Performance Consulting. “Semua itu dalam rangka untuk nyari pengalaman,” kata dia.

Setahun di GML, dan telah memiliki hubungan yang baik dengan sejumlah klien, Yodhia pun memberanikan diri untuk keluar dan mendirikan perusahaan yang dicita-citakannya itu. Dia menjalankan usahanya dengan sistem associate. “Saya punya empat orang partner yang on call,” ungkap dia.

Sebagai Konsultan Manajemen SDM, dia telah terlibat dalam pengembangan sistem manajemen SDM untuk lebih dari 80 klien, baik untuk perusahaan swasta nasional, BUMN, multi national companies ataupun government organizations. Berkecimpung di dunia konsultan membuat Yodhia bertemu dengan tantangan yang berbeda-beda, dan itu menarik baginya. “Saya jadi tahu banyak tentang berbagai industri, dari properti sampai pelabuhan,” kata dia.

Sekarang Yodhia lebih banyak berkarya di dunia maya, memanfaatkan kekuatan jejaring sosial di internet dan blog. Lewat situs strategimanajemen.net dan sebuah fan page di Facebook, dan sebuah akun di twitter @strategi_bisnis yg mempunyai banyak follower dan sangat aktif ngetwit itu, dia mempromosikan jasa konsultasinya. “Cukup efektif, ada orang yang mengundang saya karena tahu saya lewat blog itu,” ujar dia.

Apa saja tips tips Yodhia untuk pelaku UKM dalam hal SDM ? Simak presentasinya di Pesta Wirausaha 2016.

Pesan tiket di bit.ly/PWNas2016