Sebarkan berita baik ini

4-Mistakes-790x391Berdasarkan statistik, sebagian besar bisnis yang baru berjalan akan mengalami kegagalan pada tahun pertama. Dan bisnis yang berhasil melewati tahun pertama, setengahnya terbukti tutup pada lima tahun pertama.

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis dibutuhkan tekad dan determinasi yang kuat serta pemahaman pasar yang baik. Meskipun kesukesan bisnis tidak bisa dipastikan, tetapi dengan menghindari 4 kesalahan berikut ini diharapkan bisnis kita berjalan dengan baik dan terus berkembang:

1.    Tidak melakukan riset pasar
Ada hubungan yang sangat erat antara bisnis dengan pangsa pasar yang kita bidik agar sebuah bisnis mencapai kesuksesan.

Supaya bisnis kita diterima oleh pasar dengan baik maka lakukan riset dengan beberapa pertanyaan ini:
Apakah produk kita banyak dicari di masyarakat?
Apa kekurangan dari produk kita?
Bagaimana produk kita bisa menjadi solusi bagi masyarakat?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas bisa membantu kita untuk menemukan pangsa pasar (niche) yang bisa kita sasar dengan tepat.

2.    Rencana Bisnis (Business Plan)
Salah satu kesalahan terbesar bisnis yang baru berjalan adalah membuat rencana bisnis yang tidak realistis. Banyak pengusaha baru yang tidak membuat rencana bisnis, padahal rencana bisnis yang realistis merupakan dasar sebuah bisnis untuk mencapai kesuksesan.

Karena di dalam rencana bisnis terdapat target atau tujuan dari bisnis kita, strategi marketing, dan perencanaan modal. Dengan memiliki rencana bisnis akan membuat perjalanan bisnis menjadi lebih terarah untuk mencapai kesuksesan.

Bila kita tidak memiliki target dan tujuan dalam berbisnis, kita tidak akan tahu bagaimana dan kapan kita perlu melakukan ekspansi pasar.

3.    Tidak memiliki rencana keuangan
Mau tidak mau, suka atau tidak suka bisnis pasti memerlukan modal uang. Banyak dari bisnis baru yang dijalankan memiliki modal terbatas.

Banyak pengusaha yang menginginkan bisnisnya sudah balik modal (Break Event Point) pada tahun pertama, karena memang modalnya hanya cukup untuk 1 tahun saja. Dan berharap tahun kedua sudah menghasilkan profit.

Bila pada tahun pertama target  BEP tidak tercapai maka biasanya di tahun kedua bisnis tersebut akan tutup.

Kita harus benar-benar mengalokasikan modal dalam rencana keuangan untuk jangka waktu beberapa tahun ke depan. Hindari penggunaan uang sebagai modal yang berlebihan di awal bisnis, karena kita memerlukan modal tersebut untuk bertahan hingga beberapa tahun ke depan.

4.    Kurangnya marketing
Marketing merupakan kunci sukses dalam sebuah bisnis. Bila kita menjalankan bisnis secara apa adanya tanpa strategi marketing maka ini akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk berkembang, bahkan kebanyakan akan tutup karena kurangnya penjualan.

Saat ini melakukan kegiatan marketing melalui sosial media, aplikasi bisnis dan networking adalah alat marketing yang sangat vital.

Kegiatan marketing bisa jadi biayanya sangat mahal bila produk kita memiliki persaingan yang ketat.

Marketing adalah bagaimana membawa customer mengenal bisnis kita. Jadi tanpa kegiatan marketing, masyarakat tidak akan tahu bisnis kita atau lebih buruk lagi mereka tidak tahu bahwa bisnis kita itu ada.

Jadi kita harus membuat strategi untuk menghindari kesalahan-kesalahan di atas, agar bisnis kita berjalan dengan sehat dan menjadi bisnis yang sukses.


Sebarkan berita baik ini