Sebarkan berita baik ini

KPressConf KIckoffBEKASI, 26 September 2015 – Layaknya sebuah pesta, harapannya adalah kemeriahan dan beragam acara yang menarik bagi yang hadir sehingga memperoleh kesan dan pesan yang mendalam. Demikian juga dengan pestanya para wirausahawan di Indonesia yaitu Pesta Wirausaha Nasional 2016 (PWN 2016) yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh komunitas wirausaha terbesar di Indonesia yaitu Komunitas Tangan Di Atas (TDA). Pesta Wirausaha Nasional 2016 akan diadakan selama 3 hari penuh di Sasana Kriya TMII Jakarta, 3-5 Mei 2016.

Meski puncak acaranya di awal tahun depan namun kemeriahan dan ragam acaranya telah dimulai jauh sebelumnya. Dengan ditetapkannya tanggal PWN 2016 dengan itu pula rangkaian Pesta Wirausaha Wilayah 2015 (PW Wilayah 2015) secara maraton bergulir di 24 Wilayah. Pada tanggal 6-7 Agustus 2015 lalu Manado telah menjadi kota pertama sekaligus Pre Kick Off dari seluruh rangkaian PW Wilayah 2015. Daftar kota-kota yang melaksanakan adalah Manado, Bekasi, Samarinda, Jambi, Padang, Medan, Hongkong, Garut, Sukabumi, Tasikmalaya, Depok, Batam, Bogor, Malang, Makasar, Solo, Tangerang, Bali, Metro, Bandung dan Mataram.

Direktur Pesta Wirausaha 4.0, Rawi Wahyudiono mengatakan Sejak tahun 2010, Pesta Wirausaha diadakan untuk menjadi sarana para pengusaha dan wirausahawan dalam meningkatkan knowledge bisnisnya, memperluas networking, promosi produk dan menjaga konsistensi semangat berwirausaha. Pesta Wirausaha juga terus beradaptasi dan selalu mendengarkan kebutuhan dunia Entrepreneur Indonesia. Sehingga Pesta Wirausaha selalu menyajikan pembicara terbaik nasional, menyediakan area pameran multi produk UMKM, Gathering bagi seluruh komunitas wirausaha Indonesia, difasilitasinya pihak Startup dan investor bertemu dan juga penghargaan bagi insan wirausaha Indonesia.

Lebih lanjut Rawi Wahyudiono mengatakan pada jumpa pers hari ini, Sabtu 26 September 2015 di UKM Center Technopark Cikarang, kota Bekasi didaulat menjadi Kick Off untuk bergulirnya maraton PW Wilayah 2015 karena merupakan kota yang ramah dengan UMKM. Dukungan pemerintah daerah maupun pertumbuhan UMKM sendiri di Bekasi sangat signifikan, ini terlihat dari menjamurnya usaha skala rumahan maupun usaha kecil menengah. “Menyambut antusiasme masyarakat Bekasi, itu sebabnya hari ini hingga minggu, 26-27 September 2015 Pesta Wirausaha Bekasi kembali digelar dan ini merupakan tahun ke-3 bagi Bekasi menggelar PW Wilayah “ Tandas Rawi Wahyudiono.

Seperti tahun-tahun sebelumnya dukungan dari pihak luar sangat membatu terlaksananya rangkaian kegiatan ini. Tahun ini rangkaian PW Wilayah 2015 didukung oleh Bukalapak.com, Keke Busana (Beauty in Harmony), Doku (the better way to pay) dan Batik Trusmi sebagai sponsor utama dan beberapa sponsor-sponsor pendukung lainnya. Menghadirkan Nama-nama kondang untuk pembicaranya, seperti  Andrie Wongso, Wempy Dyocta Koto, Nadiem Makarim, Farhan (artis), Achmad Zaki Bukalapak, Budi Isman, Rendy Saputra (CEO Keke Busana), Wahyu Liz (Pengusaha emperan penghasilan Milyaran), Cak Lontong dan Valentino Dinsi (Pendiri Rumah Wirausaha),

Dalam kesempatan yang sama Presiden TDA 4.0 Mustofa Romdloni menyampaikan pesan yang coba diterjemahkan dalam tema besar di tagline PWN 2016 dan PW wilayah 2015 Let’s Grow Together. Jika kita dapat tumbuh dalam keberagaman komunitas wirausaha, berbagai industri dan produk, bermacam inovasi juga aneka kepentingan bisnis maka saling melengkapi atau kolaborasi adalah hal utama untuk kita dapat menghadapi dan menyongsong persaingan global. “Mari tumbuh bersama untuk kemenangan dunia kewirausahaan Indonesia dalam menghadapi pasar global dunia” ajak Mustofa di hadapan awak media.

Mustofa Romdloni kembali menyampaikan, dengan diselenggarakannya Pesta Wirausaha Wilayah di 24 Kota dan Pesta WIrausaha Nasional ini merupakan langkah nyata dari komitmen Komunitas TDA untuk meningkatkan potensi para wirausaha, terutama UMKM untuk tumbuh dan menjadi market leader di daerahnya masing-masing. Terbukti dengan penyelenggaraan rutin di tiap tahunnya, kegiatan ini selalu sukses melahirkan wirausaha baru di tiap-tiap wilayah yang disinggahinya.

Keyakinan komunitas TDA akan bertumbuhnya kewirausahaan nasional sejalan dengan dukungan konkrit dari pihak mitra Pesta Wirausaha itu sendiri. “Melalui kemintraan kami dengan TDA dan Pestawirausaha dalam skala nasional, kami berupaya untuk mendukung industri UKM lokal melalui sesi edukasi dan berbagi kiat sukses dalam hal implementasi pembayaran online yang mudah, aman dan biaya bersahabat bagi UKM di Indonesia. Ke depannya kami berharap agar solusi DOKU MyShortCart memampukan UKM Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka lebih luas lagi dengan manajemen toko online yang lebih efektif,” kata Novandy Pramana, Sr. Sales Manager, DOKU MyShortCart

Di lokasi yang sama Rendy Saputra dari KeKe Busana mengungkapkan bahwa KeKe tidak hanya sekedar berbisnis busana, kami memiliki nilai-nilai yang lebih dalam dari sekedar uang. Salah satu nilai yang kami yakini adalah kewirausahaan. Indonesia sejahtera karena gerakan UKM yang luar biasa. Artinya, menumbuhkan UKM berarti menumbuhkan bangsa, Dan pesta wirausaha TDA adalah salah satu jalan untuk mendorong geliat UKM di negeri ini. KeKe dukung Poll…”

Menimpali sponsor lainnya, Sally Giovanny pemilik Batik TRUSMI sangat terkesan dengan kegiatan PW Nasional tahun kemarin, membuat Sally terpana dengan pengunjung yang menghadiri PWN yang tahun lalu diadakan di TMII. “Saya terkaget-kaget, karena ribuan orang hadir untuk memeriahkan acara Pesta Wirausahanya komunitas TDA. Makanya tahun ini saya bukan hanya ikutan di PW Nasional tapi di roadshownya PW wilayah” tutur pemilik wajah ayu asal Cirebon.

Kemasan Pesta Wirausaha adalah One Stop Entrepreneur Event yang tidak hanya menyajikan seminar-seminar yang menjadi sumber ilmu bagi pebisnis pemula maupun calon pengusaha. Ajang aktualisasi bisnis juga tersalurkan dengan area ekspo yang selalu tersedia bagi multi produk. Di tahun ke-6 Pesta Wirausaha telah menjadi ajang yang wajib dihadiri oleh wirausahawan Indonesia karena menjadi tempat belajar, tempat bertindak dan tempat pengakuan bahwa kita adalah Entrepreneur. Dalam seluruh rangkaian kegiatan Pesta Wirausaha baik tingkat Wilayah hingga sekala Nasional, TDA selalu merangkul komunitas wirausaha lain yang memiliki visi yang sama dalam pengembagan dunia wirausaha Indonesia untuk berkolaborasi dalam sinergi membangun pasar positif UMKM di Indonesia.

Kolaborasi antar seluruh stake holder kewirausahaan nasional akan diwujudkan dengan gerakan kewirausahaan indoneisa. Pada puncak acara di Pesta Wirausaha Nasional 2016 akan dideklerasikan Indonesia Entrepreneur Movement. Sebuah gerakan konkrit masyarakat wirausaha nasional demi terwujudnya perekonomian Indonesia yang lebih baik dan kuat dimasa mendatang dengan kemandirian berbangsa. Mari tumbuh bersama untuk kemenangan dunia kewirausahaan Indonesia dalam menghadapi pasar global dunia ……. “Let’s Grow Together”

liputan/pwbekasi/september2105


Sebarkan berita baik ini