Sebarkan berita baik ini

Berbisnis pada dasarnya adalah kegiatan jual beli yang menghasilkan profit atau keuntungan, ketika kita menjual produk ke konsumen pada dasarnya memerlukan biaya, Biaya sekecil apapun yang kita keluarkan harus di catat sebagai pengeluaran, biaya-biaya yang kita keluarkan untuk menunjang bisnis di sebut biaya operasional, Pada umumnya yang termasuk kedalam biaya operasional meliputi modal, ongkos kirim, packing, transport dan biaya komunikasi.

Cara sederhana untuk menghitung biaya operasional contohnya anda membeli produk kue dari suplier sebesar Rp. 100.000 kemudian anda menentukan margin yang ingin di dapat sebesar Rp. 20.000, harga jual ke konsumen sebesar Rp. 120.000,  dalam sebulan  mampu menjual sebanyak 30 pcs total laba yang anda dapatkan sebesar Rp. 600.000, setelah anda hitung-hitung anda mengeluarkan biaya sebesar Rp. 100.000 untuk menjual sebanyak 30 pcs, jadi uang Rp. 100.000 tersebut masuk kedalam biaya operasional.

Dari ilustrasi diatas dapat kita simpulkan bahwa jangan sampai biaya yang kita keluarkan untuk usaha justru menjadi beban pribadi  karena kita lupa memasukan biaya operasional kedalam struktur harga jual produk ke konsumen, pastikan semua biaya yang telah di keluarkan untuk menunjang bisnis anda masukan kedalam struktur harga jual agar keuntungan anda menjadi maksimal.

Selengkapnya mengenai cara mudah menghitung biaya operasional bisa anda simak melalui video berikut ini


Sebarkan berita baik ini