Sebarkan berita baik ini

IMG 20140222 00065Sabtu, 22 Februari 2014, TDA Banjarmasin kembali menyelenggarakan kegiatan rutinnya, yaitu Kopdar Berbetda (Kopi Darat Belajar Bersama TDA) dengan waktu dan tempat yang masih sama seperti kopdar sebelumnya. Tema kopdar kali ini tentang “People Management”, yang dihadiri 34 orang dan 15 orang diantaranya merupakan anggota baru. Dan ini adalah kali ke-2 Kopdar Berbetda yang menggunakan kurikulum.

Sebelum pemutaran video presentasi tentang People Management, kopdar kali ini dibuka dengan pengisian kuesioner tes kepribadian oleh para peserta. Ini bertujuan agar peserta dapat mengidentifikasi 1 atau 2 dari 4 jenis kepribadian yang lebih dominan pada diri masing-masing. Adapun 4 jenis kepribadian tersebut antara lain:

  1. Dominant (Koleris)
  2. Influencer (Sanguinis)
  3. Steady (Plegmatis)
  4. Compliant (Melankolis)

Setelah berhasil mengidentifikasi kepribadian masing-masing, peserta disuguhkan video presentasi yang memaparkan tentang kekuatan, kelemahan, dan bidang pekerjaan apa saja yang memiliki kecocokan dengan setiap kepribadian.

Untuk orang yang berkepribadian koleris memiliki disiplin kerja yang sangat tinggi, bisa melaksanakan tugas dengan tepat waktu dan bertanggung jawab pada tugasnya. Kelemahannya yaitu kurang bisa merasakan perasaan orang lain, belas kasihannya terhadap orang lain sangat minim. Cirinya terlihat berapi-api, praktis, cekatan, mandiri, dan independen. Orang koleris cocok untuk ditempatkan pada bagian yang menuntut pekerjaan selesai tepat waktu atau posisi seorang manager atau direktur, karena sifatnya yang dominan dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Untuk orang yang berkepribadian sanguinis mempunyai banyak kekuatan, bersemangat, antusias, suka bicara, sehingga bisa membuat lingkungannya ceria. Dia juga seseorang yang sangat kreatif dan inovatif, ide-idenya sangat liar dan out of the box. Namun kelemahannya yaitu pelupa, sulit datang tepat waktu, prioritas kegiatannya pun kacau dan tidak teratur. Orang sanguinis cocok untuk ditempatkan pada bagian tim kreatif, karena kemampuannya dalam berkreasi, dan di bagian tim sales, karna sifatnya yang mudah bergaul.

Untuk orang yang berkepribadian plegmatis cenderung lebih santai, tenang, tidak banyak bicara, tapi lebih bijaksana. Sifatnya simpatik, peduli, cinta damai, dan tidak suka kekerasan. Dia adalah seorang pengamat yang kuat  dan juga seorang pengkritik yang berbobot. Kelemahannya yaitu pemalu, pendiam, kurang antusias terhadap perubahan baru. Orang plegmatis cocok untuk ditempatkan pada bagian administrasi dan customer service, karena sifatnya yang sabar dan pendengar yang baik.

Untuk orang yang berkepribadian melankolis memiliki standar kerja tinggi, perfeksionis, senang perincian, tekun, dan memiliki rasa seni yang tinggi. Kelemahannya yaitu cenderung pendendam,  sering terlihat murung, dan sulit bersosialisasi. Orang melankolis cocok untuk ditempatkan pada bagian keuangan, quality control, dan R&D, karena sifatnya yang teliti dan analitis.

IMG 20140222 00082Setelah menyimak paparan tersebut, para peserta diharapkan bisa menerapkan dalam management perusahaan masing-masing. Ini bagian yang cukup penting, karna kalau menempatkan seseorang pada posisi yang tidak sesuai dengan kepribadiannya, akan sulit untuk bisa mendapatkan kinerja yang maksimal.

Seperti kopdar sebelumnya, setelah sesi utama selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, sharing, serta perkenalan 15 orang anggota baru. Dan kopdar pun berakhir saat berkumandangannya adzan magrib. Sampai jumpa lagi di Kopdar Berbetda #3 “Selling Skill” pada tanggal  8 Maret 2014.

 

Hasan Basri (Kontributor TDA Banjarmasin)


Sebarkan berita baik ini