Sebarkan berita baik ini

Tiga tahun yg lalu, saat diundang sebuah vendor pabrikan China yg akan melaunching produknya, saya menyaksikan produk2 Cina yg luar biasa hebat dan bermutu tinggi. Beda dengan citra produk Cina selama ini yang berkualitas rendah.

Produknya mampu bersaing dengan produk sekelas Samsung dari Korea, Toshiba dan Sony dari Jepang, bahkan sekelas produk Amerika dan Eropa. Luar biasa. Produknya mulai dari teknologi kesehatan, pendidikan (yang menjadi konsern saya) hingga smart home.

Di “pabrik” tsb saya menyaksikan, 90% karyawannya dari 2000an orang adalah anak2 milenial. Dan yang luar biasa, semuanya hanya bekerja sebagai periset produk!.

Dari hasil riset ini, kemudian diproduksi oleh perusahaan manufaktur makloon mereka. Tak heran produk2 yg dihasilkannya punya mutu luar biasa dan selalu inovatif.

Pengalaman 3th lalu ini menginspirasi saya untuk membuat bisnis dengan model serupa.

Pelantikan TDA Kampus minggu lalu-pun saya beri PR utama : TDA Kampus harus bisa menghasilkan produk2 inovatif berbasis riset di kampus. Hasil riset di kampus harusnya tak hanya sebagai pajangan rak atau hanya untuk sekedar kompetisi lomba.

Hasil riset harus bisa diterapkan langsung pada industri nyata. TDA “Senior” siap meng-connect-kan hasil riset kampus dengan industri nyata. Hasil2 riset TDA Kampus akan dimasukkan dalam database TDA Passport yang bisa diakses oleh semua pihak yang membutuhkan.

Pun “TDA Senior” akan membuat event Meet The Investor untuk TDA Kampus yang mempertemukan investor dengan para periset unggul dari kampus.

Kemarin saya melihat sendiri 2 buah temuan dari adik2 mahasiswa. Pertama adalah alat pemisah putih telur dengan kuning telur dengan cepat. Ini tentunya bisa mengefisiensikan pekerjaan di bidang pengolahan telur. Di industri kue yg saya jalankan, saya sudah bisa menghitung efisiensi luar biasa gara2 alat temuan ini.

Kedua, alat penyemai benih padi otomatis yang bisa mempercepat pekerjaan. Dari presentasi adik2 mahasiswa kemarin, penyemai benih jika dikerjakan manual butuh waktu 2 menit. Dengan alat ini bisa dipersingkat menjadi 40 detik saja. Betapa besar efisiensinya kan?

Bismillah, minggu lalu telah terbentuk kepengurusan TDA Kampus 2019-2021 dengan ketua @majidsrgr dari kampus IPB. Rapatkan barisan kembali, kita support TDA Kampus.

Catatan Presiden TDA,
Donny Kris Puriyono
Presiden TDA 6.0


Sebarkan berita baik ini