Sebarkan berita baik ini

Teguh Wibawanto

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA

Kebutuhan seorang manajer dalam bisnis apalagi Sales Manager/Manajer Penjualan sangatlah penting, karena merupakan faktor yang bisa menjadi leverage bagi perkembangan bisnis. Di satu sisi kalau kita melakukan recruitment manajer yang “sudah jadi” cenderung lebih mahal dari pada kita melakukan pengembangan dari sumber internal perusahaan.

Jika kita memilih untuk melakukan pengembangan sumber daya internal perusahaan, apa saja yang harus dipersiapkan untuk men-develop dan men-support seorang manajer terutama seorang sales manajer?

1. Menyediakan sebuah prosedur standar sebuah proses rekrutmen dan cara menseleksi kandidat calon karyawan baru untuk bergabung sebagai anggota team. Hal ini sangat penting karena salah satu faktor penting yang menentukan kualitas anggota team adalah kualitas yang melakukan seleksi (efek mirroring)

2. Menyediakan panduan bagaimana menjadi seorang trainer dengan berbagai sumber daya pendukung nya seperti sumber materi, media visual dan tehnik presentasi.

3. Mengenalkan proses sebuah coaching dan training bagaimana melakukan coaching ke tim

4. Membangun budaya komunikasi dan media untuk sharing antar anggota tim dengan cara meeting secara berkala.

5. Menyediakan leadership training untuk manajer

6. Menyediakan sebuah proses dan teknologi yang mendorong komunikasi efektif dan efisien antara manajer dan tim. Sebagai contoh aplikasi pengirim pesan BBM dan Whatsapp bisa digunakan sebagai sarana tersebut.

7. Menyediakan data dan tools untuk pembagian wilayah yang berimbang bagi wilayah kerja team penjualan yang dia pimpin.

8. Menyediakan tools untuk mengukur prestasi penjualan team berupa KPI dan tools lain yang mendukung.

9. Menyediakan tools yang bisa digunakan untuk melatih anggota tim untuk menentukan tujuan dan cara mencapainya.

10. Menyediakan program reward bagi anggota tim yang mencapai target dalam periode tertentu maupun reward untuk program penjualan dalam jangka pendek.

Proses mengembangkan sumber daya manusia merupakan proses yang bertahap dan tidak instan, seperti sebuah proses menanam pohon mulai dari benih, perawatan hingga berbuah tidak lah dicapai dalam satu malam.

 

Teguh Wibawanto
www.hydro.co.id

 


Sebarkan berita baik ini