Sebarkan berita baik ini

Devi merupakan sosok women entrepreneur yang fokus berjualan produk susu dan popok bayi di took yang dinamainya Toko Karisma. Pertama kali Ia memutuskan berbisnis susu dan popok di karena kan waktu dahulu di saat Ia bekerja, 85% teman-teman bekerjanya adalah perempuan yang notabenenya mempunyai anak bayi. Dari situ, Ia mendapatkan inspirasi bahwa barang pokok yang bisa di pasarkan untuk ranah ibu-ibu adalah popok dan susu formula untuk bayi. Karena Ia berfikir bahawa ibu-ibu yang bekerja rata-rata tidak mau ribet untuk menyusui anaknya karena sudah lelah bekerja dan dari situ lah akan beralih dari asi ke susu formula.

Toko karisma ini terinspirasi dari motor milik suami yang telah di gunakannya dari dulu untuk mencari penghasilan dan Ia selalu ingat bahwa dalam membuat bisnis ini Ia memulainya dari nol. Pertama kali Toko Karisma dibuka pada tahun 2011 hingga sekarang  sudah 9 tahun Ia menggeluti bisnis ini.  Sampai sekarang, Devi sudah mempunyai cabang toko offline di 5 tempat. Namun, pada saat ini semua bisnis tenar di dukung oleh teknologi. Oleh karena itu jika memang ingin bertahan dalam berbisnis mau tidak mau harus terjun di dalam dunia teknologi. Rata-rata sekarang bisni grosirnya telah di lakukan secara online melalui marketplace, grab mart atau google my business. Pada tahun 2014 pun Toko Karisma telah mengunggah video dari YouTube yang memang bertujuan untuk memasarkan produk dan menarik re-seller. Dengan mengunggah video, orang-orang menjadi tahu tentang seberapa asli bisnis Toko Karisma ini. Karena Ia menunjukan dimana lokasi tokonya, bagaimana model tokonya, dan apa saja yang ia jual. Dengan begitu, maka tokonya akan terlihat lebih terpecaya karena jika hanya di post melalui foto hal tersebut akan mudah untuk di edit. 

Google My Business di gunakannya untuk memudahkan orang mencari tokonya dan di sesuaikan dengan kata kunci yang biasanya orang gunakan dalam mencari produk. Dalam mengelola Google My Business Devi mengerjakannya sendirian. Namun, untuk pembuatan Youtube, Marketplace, Shopee Ia sudah mengamanahkannya pada admin per tahun 2018. Hal ini di lakukan karena semakin banyak pembeli yang berdatangan jadi semua pelanggan dapat dilayani dengan sebaik mungkin.

Salah satu cara agar Toko Karisma tetap trending di Shopee adalah dengan cara mengetahui data base pelanggan dan di saat ada promo langsung melakukan broadcast secara luas. Dengan begitu, akun shopee Toko Karisma pun di ketahui oleh orang banyak. Satu hal penting yang perlu di perhatikan Ia tidak mengikuti trend tetapi Ia mengikuti peluang yang ada. Hal tersebut tidak dilakukannya karena trend hanya bersikap sementara dan nantinya akan ada hal-hal baru atau trend baru yang akan tergerus. Untuk memasang di berbagai platform tersebut Devi telah menentukannya di waktu-waktu tertentu. Dengan begitu, semua bisa di lakukannya dengan teratur. Dalam penjualan lewat Market Place, perang harga yang terjadinya dianggapnya sangat normal. Jika masih bisa mengikuti harga-harga yang murah akan tetap saja. Namun, jika tidak bisa, kita bisa meminta benefit dari supplier dengan mempunyai hubungan yang baik dengan supplier. hal tersebut akan memudahkan kita untuk menawarkan produk dengan harga dan kelebihan yang menggiurkan.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, akan sangat memudahkan berjalanya bisnis yang kita miliki. Contoh, sekarang kita bisa memasarkan via online, jadi tidak perlu lagi sales offline, cukup dengan posting yang efektif di online dan post di jam yang pas  maka marketing penjualan kita akan dapat di lakukan sama baik atau lebih baik.


Sebarkan berita baik ini