Sebarkan berita baik ini

IMG_1130TDA Semarang pada sabtu lalu, tepatnya  tanggal 22 Februari 2014 mengadakan kegiatan FORBIS (Forum Bisnis). Kesiapan panitia yang luar biasa pada hari sebelumnya (Jum’at) membuat kegiatan acara perdana FORBIS yang diselenggarakan di TDA Center Semarang yang berlokasi di Jalan Simongan Raya No. 59 Semarang ini akhirnya terlaksana dengan baik. Dengan digawangi oleh Noviaji dan Rini Kanaya sebagai panitia serta Franky Erfansyah yang dipercayakan sebagai MC.

Acara yang dimulai pukul 10 pagi ini berlangsung cukup hangat oleh antusias para perserta. Tak kurang dari 15 peserta mengikuti acara yang juga dihadiri oleh Tulus Guritno sebagai Ketua TDA Semarang. Dengan materi “REKAYASA DNA BISNIS’ dengan pembicara Cahyadi Joko Sukmono. Beliau adalah Senior Consultant Forbiz Indonesia, beliau aktif di dunia coaching dan pembicara publik seputar bisnis dan SDM.

Dimateri  awal beliau menjelaskan “menjadi pengusaha harus bahagia” dan “lakukanlah bisnis yang membuat kita senang” dari situ kita bisa tau bahwa bisnis itu bukan hanya sekedar kita mencari uang saja, tapi lebih dari sekedar itu. Ternyata ketenangan jiwa itu penting, percuma juga jika uang banyak, bisnis berkembang pesat tapi hati gundah gulana. “Tentunya bisnis yang dilakukan itu mengenai penggilan jiwa dimana ketika kita melakukannya dengan tenang, senang dan bahagia “tambah pak Cahyadi.

Di sesi workshop ini lebih mengedepankan simulasi bisnisnya, 20% konsep dan 80% Simulasi. Beliau juga menjelaskan perilah kebahagiaan seorang pengusaha itu rata-rata meliputi :

  • Penjualan fantastis,
  • Sesuai passion,
  • Bisnis bertumbuh,
  • Bermanfaat,
  • Menjadi terkenal
  • Freedom of life,

IMG_1126

Di workshop Rekayasa DNA Bisnis ini, kita lebih banyak belajar simulasi tentang mendalami bisnis kita, apakah bisnis kita merupakan passion kita? apakah bisnis kita itu mewakili dream kita? DNA Bisnis merupakan inti bisnis, seperangkat value utama dan aktivitas kunci yang menjadi rujukan dari seluruh proses bisnis yang ada. DNA sendiri singkatan dari Drivers-Numbers-Activities. DNA bisnis merupakan pembatas sadar dari sebuah kreativitas dan inovasi dalam bisnis, karenanya DNA digunakan sebagai alat bantu agar pembisnis dan pengelola bisnis lebih fokus , efektif dan efisien.

Pada dasarnya bisnis yang sesuai passion itu pasti akan membuat pelaku bisnis didalamnya sangat bergairah dan bersemangat dalam mengelola dan mengembangkan bisnis. Passion itu tentang kemantapan dan keyakinan bahwa apa yang sekarang dikserjakan merupakan panggilan jiwa, berada pada jalur yang benar. Passion dalam bisnis itu tidak membuat bingung, ragu atau khawatir, melainkan energi interval yang mampu menggerakkan kreativitas pebisnis dalam mengelola dinamika bisnisnya. Tetap Semangat dan Selalu Bermanfaat.

 

Franky Erfansyah (Kontributor TDA Semarang)


Sebarkan berita baik ini