Sebarkan berita baik ini

1545109_10152145884683743_1588021066_nBertempat di Bebek Judes Kalimalang, tanggal 3 April lalu TDA Bekasi mengadakan kegiatan workshop “Sales Force” dalam rengka menyambut acara Pesta Wirausaha 2014. Acara Pesta Wirausaha sendiri rencananya akan digelar 13-15 Mei di Gedung Sasana Kriya TMII.

Sekitar 35 peserta hadir dan siap untuk menjadi pejuang tiket pesta wirausaha 2014. Tentunya untuk menjual diperlukan pembekalan terlebih dahulu. Mereka dibekali ilmu tentang sales tersebut diberikan secara cuma-cuma oleh dua mentor hebat yaitu Ato Sunarto dan Mustofa Romdloni.

Menguasai ilmu sales penting dimiliki oleh setiap orang terutama yang ingin menjadi wirausaha. “Sales” (bagian penjualan) merupakan nadi dalam setiap penjualan, bahkan rata-rata orang yang memulai karirnya sebagai sales, sukses dikemudian hari menjadi seorang wirausahawan yang tangguh.

Pemateri pertama adalah Pak Ato Sunarto. Beliau adalah seorang praktisi dan ahli dalam bidang properti selama puluhan tahun dan pemegang lisensi EU wilayah CIKARANG. Dengan jurus APH (Action, Pikir, Hitung) membuat dirinya menjadi pemasar yang “NGAWUR”. Saking ngawurnya, ketika pebisnis lain berupaya mencapai target OMSET Milyaran, beliau berhasil meraih PROFIT Milyaran.

Pak Ato mengatakan dalam menjual, kita harus dibekali dengan sales script (naskah penjualan) yang berisi antara lain : 1. Identifikasi pertanyaan dan keberatan 2. Susun Kategori 3. Tulis semua kemungkinan respon 4. Gali dan teliti respon 5. tanyakan pada ahli dan pilih respon. Kategori keberatan customer biasanya terdiri dari 3 : Perusahaan, Produk dan Pribadi. Disini Pak Ato memberikan trik-trik untuk menghadapi masing-masing keberatan tersebut. Menurut Pak Ato jika berjualan jangan berdebat diharga tapi yakinkan pelanggan tentang manfaatnya dan sebagai penutup beliau mengatakan bahwa jika kualitas diri seorang sales bagus, dia akan dihargai dimanapun.

Sesi kedua semakin panas dengan pemateri Pak Mustofa Romdloni (MR), seorang praktisi bisnis selama puluhan tahun dan penulis buku SEDERHANA TAPI DAHSYAT (STD). Dengan pengalaman beliau dan jurus STD nya berhasil membuat calon pelanggan tidak bisa bilang “TIDAK” untuk membeli produknya. Terbukti perusahaan Beliau menjadi satu-satunya pemenang tender pembuatan selang gas elpiji oleh Pertamina.

Menurutnya setiap diri kita adalah sales. Entah itu menjual ke mitra/ investor, karyawan, pelanggan, pemasok dan lainnya. Menurtunya ada 3 aspek penting dalam menjual : konsep diri kita, mengetahui konsumen dan mengatur strategi. Kepribadian kita benar-benar menentukan 80% keberhasilan penjualan, maka suka&pedulilah pada diri sendiri dan dengan tulus menyukai orang lain. Kita harus ahli berurusan dengan orang lain, pahami dan kenali diri orang lain dan tempatkan posisi kita di tempatnya.

Masih menurutnya, bagaimana orang lain menyukai kita: bersungguh-sungguh menaruh minat pada orang lain dan tersenyumlah. Dalam menjual kita harus menetapkan target penjualan yang ingin diraih dengan SMRAT (specific, motivate, achieveable, realistis, time limit). Kita juga harus pandai menemukan dan mengkomunikasikan keunggulan produk/ jasa serta perbanyaklah calon pelanggan. Wow, ilmu sungguh luar biasa, yuk ga usah ragu beli tiket PW di TDA Bekasi, karena anda akan mendapat benefit puluhan juta rupiah.

 

Susi S (Kontributor TDA Bekasi)
SMK ITACO Bekasi – Siswa Wirausaha
@suzieicus
http://suzieitaco.wordpress.com/
http://smkitaco.com/
http://siswawirausaha.net/


Sebarkan berita baik ini