Sebarkan berita baik ini

Teguh Wibawanto

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA

Menjelang tutup tahun 2013 dan menjelang 2014 sudahkah kita membuat sebuah perencanan bisnis ? Masa depan itu pasti akan datang baik direncanakan maupun tidak. Bedanya adalah jika masa depan itu direncanakan akan datang sesuai dengan rencana kita, jika tidak kita hanya jadi korban perubahan jaman.

Berikut ini adalah tahapan menbuat perencanaan bisnis:

1. Analisis Situasi
Potret keadaan saat ini dalam aspek finansial meliputi omset, profit, persediaan, cash gap, aspek marketing meliputi jumlah customer, kepuasan mereka, biaya akuisisi serta loyalitas pelanggan. Dalam aspek kualitas Sumber daya manusia saat ini meliputi turn over karyawan, kekompakan, produktivitas serta aspek operasional meliputi quality, product, cost, delivery, service dan spirit kerja karyawan.

2. Tentukan Goal yang akan dicapai
Setelah situasi saat ini dipotret, kemudian tentukannlah tujuan atau goal yang akan dicapai. Dalam membuat goal haruslah mengikuti kaidah SMART, yaitu Spesifik artinya jelas maksudnya. Kemudian Measurable yang artinya bisa diukur tingkat keberhasilannya, Achievable yang artinya bisa dicapai, jadi jangan membuat Goal yang terlalu jauh dari sehingga sulit untuk di bayangkan untuk tercapai. Realistic yang artinya masuk akal dan Time frame yaitu ada batasan waktunya.

3. Gap Analisis
Setelah diketahui antara situasi saat ini dan goal yang akan dicapai, maka akan diketahui gap atau kesenjangan diantara keduanya.

4. Buat Perencanaan kerja dan time line
Setelah diketahui Gap nya lalu buat rencana untuk mengatasi gap tersebut. Rencana tersebut harus bisa mengatasi gap yang terjadi dibuat secara detil dengan PIC yang bertanggung jawab termasuk perkiraan waktu eksekusinya.

5. Eksekusi Rencana
Tahap inilah yang paling penting karena setelah eksekusi akan terlihat apakah yang sudah kita rencanakan bisa berjalan lancar atau perlu perbaikan.

6. Evaluasi Hasil
Apapun hasil yang terjadi dari eksekusi rencana, kalau bisa diukur maka bisa dengan mudah dilakukan perbaikan. Karena segala sesuatu sulit untuk diperbaiki jika tidak ada alat ukurnya. Demikianlah tahapan singkat untuk membuat bisnis plan, selamat menyambut tahun baru dengan rencana baru.

Teguh Wibawanto
www.hydro.co.id


Sebarkan berita baik ini