Sebarkan berita baik ini

personality-typesJika Anda ingin membangun bisnis yang besar, kuncinya adalah Anda harus sangat serius dan berhati-hati untuk memasukkan orang-orang ke dalam bisnis atau perusahaan Anda.

Karena perilaku orang-orang disekitar dan dalam bisnis Anda sangat mudah tersebar dengan cepat melalui sosial media bagaikan virus flu. Berdasarkan penelitian Proceeding of the Royal Society yang diterbitkan pada 2010, dari setiap 1 orang yang positif di dalam perusahaan Anda akan meningkatkan performa positif pula sebesar 11%.

Tetapi 1 orang saja membuat masala di dalam perusahaan Anda, dia akan mempengaruhi 2x jumlah orang di dalam perusahaan Anda menjadi tidak bahagia.

Mencari orang-orang yang akan menjadi tim Anda memang tidak mudah. Tetapi dengan pengalaman dan latihan Anda akan mampu menyaring orang-orang yang memiliki visi yang sama dengan visi Anda dan perusahaan.

Berikut adalah 10 orang (karyawan atau klien) yang harus Anda hindari dalam bisnis:

1. Tipe sirene
Orang bertipe sirene ini adalah orang yang luar biasa menarik dan atraktif. Dia sangat mampu mencuri perhatian Anda dan memberi janji-janji dan harapan yang manis di masa yang akan datang. Orang seperti ini akan membuat Anda keluar dari fokus bisnis yang sedang dijalani.

Anda harus menghindari orang seperti ini karena bisa mengalihkan perjalanan bisnis Anda keluar dari rel yang telah direncanakan. Yakinkan bahwa bisnis yang sedang Anda rencanakan juga berpeluang untuk meraih kesuksesan.

2. Tipe kambing
Orang dengan tipe kambing bersifat liar dan karismatik, banyak bicara, dan nampaknya orang ini selalu beruntung. Orang tipe ini banyak memiliki kelebihan.

Masalahnya adalah orang tipe kambing ini menggunakan kelebihannya untuk hal-hal licik. Orang tipe ini memiliki ambisi untuk menghancurkan Anda, dengan cara mempengaruhi keputusan-keputusan Anda yang tidak baik untuk jalannya bisnis Anda. Bila menemukan orang seperti ini Anda harus cepat-cepat memecatnya.

3. Tipe gajah
Orang bertipe gajah adalah orang yang melakukan pekerjaan dengan cara itu-itu saja, sehingga kesalahan bisnis Anda di masa lalu selalu berulang. Orang seperti ini tidak ingin melakukan hal-hal baru agar kesalahan sebelumnya bisa diperbaiki.

Setiap pengusaha pasti pernah gagal, dan Anda harus belajar dari kegagalan itu untuk maju. Tinggalkan atau keluarkan orang-orang yang tidak mau berpikir maju, seperti orang bertipe gajah ini.

4. Tipe Pembenci
Tipe Pembenci (haters) adalah orang-orang yang memiliki ambisi untuk mencapai puncak karir, tetapi kinerja atau tekad untuk meraihnya tidak sehebat ambisinya. Orang seperti ini selalu menjebak atau menjerumuskan rekan kerjanya karena takut tersaingi.

Jangan biarkan tipe haters ini menjadi bagian dari tim di perusahaan Anda, karena orang bertipe hater ini adalah pecundang.

5. Tipe narsis
Orang bertipe narsis ini adalah orang yang bekerja agar dirinya dipuji. Dia ingin bahwa dirinya tampak menonjol dibandingkan orang lain. Orang bertipe narsis biasanya tidak bisa bekerja dalam tim atau kelompok.

Jauhi orang-orang narsis ini karena bisa jadi mereka akan membuat image dan reputasi perusahaan Anda menurun.

6. Tipe Nemesis
Saat Anda memulai bisnis bersama orang lain, terkadang Anda tidak menyukai perilaku partner Anda atau sebaliknya. Jika Anda tidak hati-hati, ini bisa menjadi gangguan besar. Bila hal seperti ini terjadi, cobalah untuk introspeksi. Bisa jadi hal yang tidak Anda sukai dari partner Anda adalah sesuatu yang  menjadi sifat Anda.

Jika Anda membawa nemesis ke dalam bisnis Anda, gunakan orang ini untuk mempelajari tentang diri Anda. Setelah Anda melakukan ini, dia bukan musuh Anda lagi, tetapi cermin bagi perilaku Anda.

7. Tipe Ares
Ares adalah Dewa Perang  pada jaman Yunani Kuno. Orang dengan tipe ini sangat menyukai konflik, meskipun berkaitan dengan hal-hal sepele. Dia sangat menyukai konflik yang didramatisasi, dan dia berambisi untuk memenangkan konflik itu dengan segala cara.

Mengurusi orang seperti ini hanya membuang-buang waktu, abaikan saja dan segera keluarkan dari bisnis Anda.

8. Tipe Dionysus
Dionysus adalah Dewa Anggur masyarakat Yunani Kuno. Orang tipe ini adalah orang yang hanya mencari kesenangan, tidak sabar dan ingin semuanya terjadi instan.

Orang seperti ini tidak produktif dalam melakukan pekerjaannya, segera singkirkan orang seperti ini sebelum menular ke anggota tim yang lain.

9. Tipe Kucing Hitam
Didalam bisnis pasti ada partner atau anggota tim yang akan mendukung kita dan memberi pencerahan. Tetapi ada juga tipe orang yang berjalan bersama dalam bisnis Anda tetapi dia berpotensi untuk menghacurkan bisnis Anda, yang terakhir ini adalah tipe Kucing Hitam.

Orang tipe kucing hitam ini selalu berpikiran negatif, selalu merasa tertekan. Mereka selalu mencari perhatian untuk mendapatkan bantuan saat menghadapi masalah. Orang seperti ini lemah dalam menjalankan tugasnya. Pastikan Anda tidak memiliki orang tipe ini di dalam bisnis Anda.

10. Tipe Kucing gemuk
Orang dengan tipe ini akan mendatangi Anda menawarkan modal dan menjanjikan kemajuan perusahaan Anda. Orang seperti ini biasanya adalah pemodal, angel investor atau perusahaan yang sudah besar.

Orang-orang seperti ini akan mengontrol Anda dan perusahaan Anda. Hingga akhirnya akan mengambil bisnis dari tangan Anda. Anda harus berhati-hati dengan orang-orang bermulut manis ini atau Anda akan kehilangan perusahaan Anda.


Sebarkan berita baik ini