Sebarkan berita baik ini

money-atm-indonesiaBersyukurlah kita yang tinggl di Indonesia, ternyata negeri tercinta ini termasuk 15 negara di dunia yang memiliki biaya hidup paling rendah. Dikutip dari CNNIndonesia.com, Indonesia menempati urutan ke-12 dari 15 negara yang paling rendah biaya hidupnya. Untuk negara yang paling rendah biaya hidupnya adalah India.

Sementara itu untuk 15 negara dengan biaya hidup tertinggi didominasi negara-negara di benua Eropa. Negara dengan biaya hidup tertinggi adalah Swiss disusul dengan negara seperti, Norwegia, Denmark, Inggris, Irlandia, Luxemborg, Finlandia, Prancis, dan Belgia.

Indeks biaya hidup global ini dirilis oleh Numbeo. Numbeo adalah situs yang berisi berbagai macam data harga dari berbagai kota dan negara, hasil kontribusi lebih dari 187 ribu pengguna situs itu. Menurut data per Kamis (22/1), situs ini telah memiliki database 1.565.649 macam harga dari 4.941 kota di seluruh dunia.

Indeks biaya hidup global ini dirilis oleh Numbeo merupakan data yang dikumpulkan dari periode 2013 hingga 2 Januari 2015. Indeks ini berdsarkan data dari harga barang-barang konsumtif, penyewaan apartment, harga barang-barang grosir, tarif makanan di restoran, dan daya beli lokal.

Data ini mengacu biaya hidup di Kota New York, Amerika Serikat, jadi indeks apapun di kota New York diset di angka 100. Bila harga barang konsumtif di suatu kota lebih mahal dari New York maka nilai indeksnya akan  lebih besar dari 100, begitupun sebaliknya. Sebagai contoh, jika indeks penyewaan mobil di suatu kota adalah 120, ini berarti harga sewa di kota itu 20 persen lebih mahal daripada di New York.

Bagaimana untuk indeks di Indonesia?
Harga barang konsumtif di Indonesia 39,35 persen lebih murah. Sewa akomodasi 13,85 lebih murah. Harga barang-barang grosir 44,12 persen lebih murah. Harga makanan di restoran 21,91 persen lebih murah. Sementara daya beli lokal adalah 26,01, yang artinya penduduk Indonesia dengan pendapatan rata-rata mampu membeli 26,01 persen lebih sedikit barang dan jasa dibandingkan penduduk New York dengan pendapatan rata-rata.

Sumber: CNNIndonesia.com


Sebarkan berita baik ini