Sebarkan berita baik ini

desain.pngSebagian pebisnis masih awam tentang manfaat desain bagi bisnis mereka. Mereka tidak memahami bahwa logo, company profile, brosur, kemasan produk, hingga hal-hal kecil seperti banner dan sekedar daftar menu makanan misalnya, jika didesain dengan baik dan profesional, bisa memberi impact yang luar biasa bagi bisnis mereka. Pengaruh ini sendiri tidak hanya untuk saat ini, tetapi untuk masa depan bisnis mereka.

Jangka Pendek : Desain Profesional Bisa Meningkatkan Omset

Sudah umum kita tahu bahwa banyak pelaku bisnis, terutama yang levelnya UKM mengabaikan desain kemasannya. Mereka menganggap itu “sekedar ada” saja sudah cukup. Biasanya pikiran mereka selalu terfokus pada produksi dan kuantiti. Padahal pengabaian masalah ini sering berakibat buruk.

Seorang pebisnis UKM pernah memiliki sebuah produk detergen yang bagus sekali, setiap demo produk, setiap orang terkesima, dan membuat yang melihat selalu “memborong” produknya. Namun ketika produk itu dijual di sebuah supermarket, tak satu pun produknya terjual. Ya… tak satu pun. Ternyata sebabnya “sederhana” (walau nggak sederhana juga sih), desain kemasannya menyedihkan. Kemasan produk berkualitas tinggi itu hanya menggunakan plastik sablon yang jika terus menerus dipegang lama-lama tintanya akan hilang. Akhirnya para calon konsumen (yang tidak pernah melihat demo produknya) tidak percaya pada produk tersebut dan enggan membeli.

Para pebisnis umumnya hanya berorientasi jangka pendek, mengejar profit semata. Hal ini membuat mereka melakukan “efisiensi” dalam segala hal, termasuk dalam produksi. Dan salah satunya adalah enggan berinvestasi lebih untuk memiliki desain yang lebih bagus. Akhirnya, alih-alih mendapat omset besar, justru penjualannya jeblok karena calon konsumen kurang percaya dengan kualitas produknya (karena melihat dari kemasannya yang tidak profesional).

Selain itu sebab lain mereka tidak mau berinvestasi lebih pada sisi desain adalah ketidaktahuan tentang pentingnya hal ini. Untuk itu, mereka harusnya mau lebih banyak belajar dan menerima masukan serta lebih terbuka terhadap ide-ide baru bagi perkembangan bisnisnya.

Jangka Menengah : Desain yang Baik Bisa Menghasilkan Penghematan

Sebagian pebisnis yang hanya melihat sesuatu dari sisi jangka pendek kadang melupakan hal ini. Bahwa segala investasi yang mereka keluarkan untuk mendapatkan desain yang baik sebenarnya justru bisa menghasilkan penghematan jangka menengah. Contoh sederhananya seperti ini, misalnya dia tidak mau berinvestasi lebih pada desain brosur-nya, lalu itu didesain “sekedar ada”. Dia mencetak brosur itu senilai sekitar 2juta rupiah, mendapatkan 4 rim (2000 eksemplar), namun dari jumlah itu, ia hanya mendapat pembelian sebesar total 20juta.

Ketika ia berinvestasi lebih, misalnya dia berani meng-hire jasa desiner profesional yang membandrol harga hingga 2juta rupiah untuk sebuah desainnya, kini biaya produksinya naik menjadi 4juta rupiah. Tetapi karena desainnya bagus dan profesional, jumlah konsumen meningkat, dan dia bisa mendapat penjualan hingga 50juta rupiah. Sebab setiap brosur kini bisa “berbicara dan melakukan persuasi” aktif terhadap calon konsumennnya.

Sisi penghematan ini sering luput dari sisi pebisnis dikarenakan cara berpikir jangka pendek dan tidak berpikir jangka panjang. Mereka melihat investasi desain itu tidak perlu, apalagi jika melihat track record mereka bisa “jualan” selama ini dengan desain seadanya. Padahal sampai kapan mereka mau bertahan dengan attitude seperti itu? Sampai kapan penjualan harus mereka lakukan sendiri? Bukankah marketing tools ada untuk membantu penjualan? Maka mulailah “mendelegasikan” penjualan kepada marketing tools anda. Dan buatlah desainnya dengan lebih profesional.

Jangka Panjang : Desain yang Berkualitas Bisa Memperkuat Branding

Pada tahun 1995, TV-TV merk Samsung selalu kalah bersaing dengan Sony. TV merk Sony selalu dipajang di etalase sementara TV Samsung di taruh di rak-rak, bersusun dan tidak beraturan. Sang CEO saat itu berpikir keras, apa yang bisa dia lakukan untuk memperbaiki penjualan dan image Samsung. Akhirnya dia mengambil keputusan strategis besar : mengubah seluruh desain produknya. mereka berinvestasi banyak dalam sisi desain. Dan setelah perjuangan memperbaiki desain tersebut, akhirnya penjualan Samsung bisa menyalip Sony. Dan tidak hanya itu, hingga saat ini kita melihat brand Samsung yang makin berkibar di dunia elektronik.

Kita harus mulai berpikir sustainability bisnis, keberlangsungan bisnis pada jangka panjang dan salah satunya adalah kita harus mulai membangun brand. Desain yang berkualitas adalah salah satu langkah kita untuk memperkuat brand. Sebabnya sederhana, konsumen (dan kita) hidup di dunia persepsi, dan sering kali bukan dunia sebenarnya. Persepsi mereka akan kualitas sering kali tidak hanya ditentukan bagus-tidak nya konten produk kita, tetapi juga bagaimana cara kita mengemas. Desain logo, company profile, brosur, kemasan produk, adalah tampilan visual luar yang sering kali memberikan persepsi tertentu pada “rasa” produknya.

Mungkin kita pernah dengar “blind test” saat Coca-cola  melawan Pepsi. Blind test itu menyimpulkan bahwa konsumen lebih menyukai Pepsi. Namun saat brand-nya diberi tahu, mereka mengembalikan pilihannya pada Coca-cola. Itulah salah satu bentuk pengaruh persepsi pada “rasa”. Dalam skup mikro, kita juga sering merasakan sensasi rasa tertentu ketika kita membeli sebuah brand. Padahal mungkin ada makanan atau minuman lain yang secara rasa lebih enak. Namun karena bukan brand yang biasa kita pilih, penilaiannya menjadi berbeda.

Mulailah Menghitung Desain dalam Komponen Modal / Investasi

Dari ketiga manfaat itu, ada baiknya jika kita memulai bisnis, atau ingin merejuvenasi bisnis, kita mulai menghitung biaya desain sebagai investasi. Jangan menghitung investasi hanya pada hal-hal yang biasa saja seperti sewa tempat, tenaga kerja, beli meja-kursi, dll. Mulailah memasukkan komponen desain dan branding di komponen hitung-hitungan investasi bisnis kita. Agar bisnis kita tak hanya berperang secara komoditi dan bisa lebih sustain dalam jangka panjangnya.

Hendro Tri Rachmadi
www.SimpleStudioOnline.com
Solusi Komunikasi Visual Bisnis Anda
@ssi_creative


Sebarkan berita baik ini