Sebarkan berita baik ini

adit 3

Aditya Hayu Wicaksono
Direktur Keuangan TDA

Minggu kemarin kita membahas karakter seseorang menurut buku karangan Roger Hamilton, Your Life Your Legacy. Mari sekarang kita mencoba membahas untuk bagan sebelah kiri dari gambar ini.

Karakter ke enam adalah Accumulator. Siapa yang tidak kenal Warren Buffet, dia adalah accumulator yang menjadi orang terkaya kedua di dunia ini. Accumulator atau investor adalah seseorang yang bisa membaca sebuah perusahaan yang baik maupun yang tidak. Warren Buffet pernah mengatakan, mereka tidak pernah menyelesaikan suatu masalah, karena mereka akan menghindari suatu permasalahan tersebut.

Karakter ke tujuh adalah Lord. Lord ini cenderung menghalalkan segala cara untuk bisa memenuhi keinginannya. Mereka ahli dalam membaca keuangan, mereka adalah orang orang yang tidak ingin tampil di depan public, bahkan kalau bisa mereka tidak diketahui sama sekali. Laksmi Mittal telah memimpin perusahaannya Mittal baja sehingga menjadi perusahaan besar saat ini, begitu juga dengan keluarga Kennedy, Bloomberg, Rotschild yang bertahun tahun lamanya keluarganya telah mengumpulkan kekayaan dari orang lain.

Karakter yang terakhir adalah Mechanic. Jika kita ke McDonald, maka kita terkesima dengan system yang rapi dan McDonald juga menjadi referensi perusahaan kuliner di seluruh dunia dalam hal system. Ray Kroc sang maestro nya McDonald adalah ahli pembuat system. Sang mechanic adalah ahli membuat sebuah system perusahaan dan mengimplementasikannya.

Ke delapan karakter itu jika bersatu akan menghasilkan sebuah kekuatan yang dahsyat. Seorang Ray Kroc pada awalnya kesulitan bagaimana bisa mengembangkan perusahaannya, sehingga pada akhirnya beliau bertemu dengan seorang Deal Maker sehingga membuat McDonald menjadi sebuah korporasi yang besar sampai dengan saat ini.

Karakter yang kiri ini cenderung tidak ingin tampil di depan umum, dan mereka adalah pengumpul kekayaan yang luar biasa. Jika anda pernah melihat The Hobbits, filmnya Peter Jackson, anda akan mengetahui orang-orang sebelah kiri ini seperti kurcaci yang mengumpulkan emas di dalam gunung dan menyimpannya rapat rapat.

Setiap karakter di atas ada yang cenderung ke arah karakter di sebelahnya. Semisal sang supporter ada kecenderungan mereka adalah star dan ada yang deal maker. Ketahui karakter anda, dan kekayaan anda akan mengikuti anda.

TD Square

 

 

Aditya Hayu Wicaksono
Direktur Keuangan TDA

 


Sebarkan berita baik ini