Sebarkan berita baik ini

Muadzin f

Muadzin F Jihad
Senior TDA Depok

“Pak, Saya mau berhenti. Mau belajar buka usaha seperti Bapak,” kalimat tersebut meluncur dari mulut salah satu karyawan kafe kami tadi malam, saat saya akan meninggalkan Ranah Kopi. Sebagai orang yang sering menyemangati dan mengajak teman-teman untuk berwirausaha, juga sebagai anggota komunitas Tangan Di Atas (TDA) yang misinya adalah melahirkan banyak pengusaha; tentu saya merasa senang, bahwa akan bertambah satu lagi jumlah wirausaha.

Masalahnya adalah, karyawan ini adalah karyawan terbaik, andalan kami di Ranah Kopi. Saya sudah bisa tinggalkan Ranah Kopi dan mengandalkan seluruh operasional kafe kepadanya. Dari pramusaji, barista, juru masak, cek stok, pembelian bahan baku, keuangan, sampai bangun hubungan dengan pelanggan sudah dikuasainya dengan baik. Hubungannya dengan para pelanggan setia Ranah Kopi sudah seperti teman saja. Hmm, mungkin ini juga salah satu faktor dia memutuskan untuk berwirausaha. Dia lumayan dekat bergaul dengan teman-teman Tangan Di Atas Depok yang sering ngumpul dan meeting di Ranah Kopi. Pasti sedikit banyak dia terkontaminasi racun wirausaha dari teman-teman TDA Depok ini… hehe.

Selain itu, rasa memilikinya tinggi. Di hari giliran libur pun dia tetap berbelanja dan mengantarkan bahan baku ke kafe kami. Dia mencari toko atau warung termurah untuk bahan-bahan baku. Sering sekali dia bisa menyelesaikan masalah kafe, tanpa minta pendapat saya terlebih dulu, dan hasilnya memuaskan.

Jadi dengan kepergiannya, saya harus terjun langsung kembali dalam operasional kafe dan melatih beberapa karyawan yang sekarang untuk menggantikan posisinya. Dengan kejadian ini, saya baru menyadari bahwa, operasional kafe kami tidak didasarkan pada sebuah sistem yang solid, tapi disandarkan pada seseorang. Kesalahan selama ini adalah mengandalkan kekuatan pada seorang Superman, bukan membangun sebuah super tim. Jadi pada saat orang tersebut hengkang, kami kelimpungan untuk mencari penggantinya.

Muadzin F Jihad
Founder Ranah Kopi
Twitter @muadzin


Sebarkan berita baik ini