Sebarkan berita baik ini

Jika ingin berjualan, jualanlah ditempat yang ramai, salah satunya pasar. Didunia online juga ada pasar-pasarnya jika ingin berjualan, yaitu:

  • Pasar Search Engine atau Mesin Pencari yang merupakan pasar yang sangat besar sekali. Bahkan 80% traffic dari toko online datangnya dari mesin pencari.
  • Pasar Marketplace. Seperti yang kita ketahui di Indonesia pasar marketplace ada Shopee, Tokopedia, Lazada, BukaLapak, Bli Bli dan lain-lainnya.
  • Pasar Social Media. Sebagai seorang pengusaha dizaman sekarang kita harus masuk ke semua channel. Seorang pengusaha tidak boleh terobsesi dengan satu channel, karna dimana saja channel yang menguntungkan disana kita harus hadir.
  • Jika ingin berjualan secara online menggunakan SEO selain optimasi website agar dapat muncul dihalaman satu google, usahakan masuk marketplace juga. Maka saat kita posting produk di marketplace optimasi lagi di SEO agar produk tersebut masuk dihalaman satu google.

PIRAMIDA MOZLOW’S

Moz merupakan perusahaan atau semacam website yang menyediakan tools dan informasi-informasi terkait dengan SEO. Piramida Mozlow’s merupakan step-step penting yang harusa ada pada halaman website kita agar bisa terindex oleh halaman satu google. Ketika kita ingin melakukan pemasaran melalui SEO maka yang harus kita lakukan adalah:

  • Aksebilitas Crawling. Kita harus membuat website yang bisa di crawling oleh robot google, karna ada beberapa website yang memiliki kebijakan untuk tidak di crawling.
  • Kontent Menarik. Ketika content kita menarik, bahasanya bagus, ketersediaan content bagus, gambar oke, memiliki video yang bisa menjelaskan lebih lengkap maka semakin bagus pula dimata pencarian google.
  • Menggunakan Kata Kunci yang Optimal.
  • User Interface dan User Experience yang menarik
  • Konten yang dapat dibagikan
  • Penulisan Meta Title serta URL dan Meta Description
  • Snippet dan Schema

Semua hal ini tersedia di dalam marketplace yang bisa kita manfaatkan. Jika kita membuat website membutuhkan effort yang lebih banyak untuk dapat masuk kehalaman satu google. Tetapi dengan adanya marketplace maka kita tinggal optimasi hingga produk kita dapat masuk ke halaman satu google. Itulah mengapa kita harus memanfaatkan marketplace untuk ber SEO.

Rumus Banjir Orderan di Marketplace

Banjir Orderan = Traffic X Menarik X Trusted

Jika ingin mendatangkan traffic di marketplace caranya ada dua, yaitu:

  • Traffic dari dalam adalah Optimasi Judul Produk (title), Algoritma, Retargetting, Kejar Diskon, Feed
  • Traffic dari luar adalah SEO, Social Media dan lain-lain

Bagaimanapun traffic merupakan mata uang bisnis online. Entah dalam social media, SEO, website, forum pasti hal utama adalah traffic. Jika wesite cantik dan menarik kalau tanpa traffic juga percuma. Jadi kita harus pandai-pandai mendatangkan traffic.

Menarik

Setelah traffic, marketplace kita juga harus menarik. Jangan sampai saat ada pengunjung tapi toko kita tidak menarik hingga membuat pengunjung takut untuk belanja ke kita. Jadi harus dipertaikan dengan dengan benar Dekorasi Toko, Reputasi Toko, Ulasan, Jumlah Terjual, Diskusi, Cash Back, Gambar, Thumbnail, Video.

Trusted

Setelah traffic ok dan toko menarik, kita juga harus terpercaya. Cara mendapat kepercayaan tersebut dengan Presentase Chat Dibalas, Reputasi Toko, Produk Terjual, Ulasan Produk, dan lain-lain sebagainya.

Setelah mempelajari isi dalam marketplace, bagaimana cara meningkatkan orderan. Maka saatnya mempadukan marketplace dan SEO. SEO sebagai pendatang traffic.

Cara Kerja Mesin Pencari

Crawling – Indexing – Ranking

Ketika kita mengupload produk ke marketplace, robot google akan datang untuk menjelajahi halaman-halaman baru. Setelah robot google datang maka dia akan meng index, dia akan menyimpan semua data yang ada dihalaman tersebut. Yang paling diingat oleh robot google adalah Title atau Judulnya. Oleh sebab itu saat optimasi SEO untuk marketplace gunakanlah judul yang menarik. Setelah meng index halaman maka robot google akan melakukan rangking. Ranking tersebut didapat dari halaman yang paling relevant untuk kata kunci yang dicari.

Hal-hal yang Perlu di Perhatikan dalam SEO Marketplace:

Title yang wajib mengandung kata kunci
Description minimal 200 kata
Cara menamai produk (title)
Kita harus pandai memberi nama (title) agar mudah dikenali. Karna nama produk akan menjadi title di halaman marketplace. Bahkan nama produk akan menjadi URL dari halaman tersebut
Kata kunci + Merek + Keterangan (model atau pola, tipe, warna)
Cara menulis deskripsi
Cari + Judul, Tulis 3 kata Kunci Related, Keterangan Produk, Alasan Membeli di Toko kita, Hastag
Untuk menemukan kata kunci coba bukalah website keywordtool.io

Hal-hal yang harus dihindari

Membuat konten yang dibuat secara otomatis
Memberikan konten yang merupakan Salinan dari tempat lain (tidak orisinil)
Terdapat teks atau tautan tersembunyi yang mengarah pada website lain yang tidak kredibel
Menggunakan kata kunci atau keyword yang sama terlalu banyak

Pentingnya tautan (link) di SEO

Backlink adalah sebuah link yang terdapat pada website lain yang diarahkan pada website yang sedang kamu kelolah. Contohnya seperti mencantumkan link alamat URL akun toko marketplace pada social media.

Tonton Video terbaru dari TDA TV di sini.


Sebarkan berita baik ini